Cara Ampuh Memperpanjang Usia Battere Laptop



Cara Ampuh Memperpanjang Usia Battere Laptop - Blog Bang Moody Dymaz -





 Beberapa waktu yang lalu Bang Moody sempat kebingungan. Pasalnya, lepi (baca : leptop) yang biasa menemani saat bekerja sering kali mati secara tiba-tiba. Padahal sebelumnya ketika daya battere sudah semakin berkurang, akan muncul indikator prosentase daya yang tersisa. Sehingga masih ada kesempatan untuk men-charge. Sehingga tidak sampai kehilangan momen-momen dan data penting pada saat asyik bekerja.










Iseng-iseng saya coba otak-atik pada bagian 'select for plan' dan memilih opsi balanced / power saver ternyata kurang membantu (entah karena memang saya yang kurang paham atau apa).

Akhirnya, browsing ke mbah Google adalah cara pamungkas. Setelah sibuk lihat kanan kiri akhirnya saya menemukan tips yang cukup ampuh. Yuk disimak baik-baik ulasannya...

Terlepas dari akurat tidaknya Windows 7 dalam mendeteksi kapasitas baterai laptop, rasanya baterai laptop adalah barang yang mahal. Jadi selama masih bisa digunakan dengan baik (walaupun sudah kurang dari 40% kapasitas ideal), ya tidak perlu diganti. Saya pribadi beranggapan bahwa selama baterai laptop masih bisa bertahan di atas 30 menit maka belum saatnya diganti.

Berikut langkah-langkahnya untuk mengatasi masalah anda:
  1. Charge baterai anda sampai full (99% – 100%), setelah itu matikan laptop Anda. Sampai tahap ini jangan dulu cabut charger-nya.
  2. Hidupkan laptop Anda lalu tekan F8 berulang-ulang sampai muncul menu Advanced Boot Options. Pilih Safe Mode.
  3. Setelah sudah masuk ke dalam Windows Safe Mode, barulah cabut charger baterai laptop Anda.
  4. Biarkan saja laptop menyala sampai mati sendiri karena baterainya benar-benar habis. Sangat disarankan untuk tidak mengoperasikan laptop Anda selama proses ini. Biarkan saja sampai laptop mati sendiri.
  5. Setelah mati, pasang kembali charger laptop Anda, lalu nyalakan kembali laptop Anda dengan normal.

Teknik di atas pada dasarnya adalah suatu cara untuk mengkalibrasi kapasitas baterai laptop Anda. Dengan menjalankan laptop mulai dari kondisi awal baterai penuh (kapasitas 100%) sampai benar-benar habis (kapasitas 0%), maka Windows 7 jadi “tahu” kapasitas sebenarnya (real capacity) dari baterai laptop, dan secara otomatis men-setting ulang parameter-parameter yang berkaitan dengan baterai laptop tersebut.




Demikian ulasan singkat tentang Cara Ampuh Memperpanjang Usia Battere Laptop. 
Semoga bermanfaat. Terima kasih sudah mampir di blog sederhana ini dan sampai jumpa pada artikel-artikel selanjutnya.

Tidak ada komentar