Tips Memperbaiki Penulisan Ijazah / Sertifikat yang Salah



Tips Memperbaiki Penulisan Ijazah / Sertifikat yang Salah -

Assalamu’alaikum dan salam sejahtera untuk sobat-sobat setia blog Bang Moody Dymaz. Semoga sukses dalam beraktifitas.

Pada kesempatan kali ini admin Bang Moody Dymaz akan berbagi tips seputar cara memperbaiki salah penulisan ijazah.

 
contoh hasil penulisan ijazah SMA
Ijazah atau sertifikat adalah benda yang sangat berharga. Disamping sebagai legalitas formal seseorang dalam menempuh pendidikan tertentu, ijazah juga kerap dimanfaatkan sebagai prasyarat utama seseorang untuk melamar pekerjaan.

Mungkin diantara sobat-sobat ada yang biasa diminta jasanya untuk menulis ijazah / sertifikat sekolah. Tentunya tidak sembarang orang bisa mengerjakan tugas yang kelihatannya sepele ini. Butuh kecakapan dan keahlian tertentu supaya tulisan yang dihasilkan terlihat rapi dan enak dilihat.
Bagi para penulis ijazah / sertifikat mungkin pernah mengalami kesalahan pada saat menulis identitas atau nilai-nilai pada ijazah. Padahal tinta pen yang kita pergunakan biasanya adalah tinta yang berkualitas dan tidak cepat luntur dimakan waktu. Lantas bagaimana solusinya?

Sebelum admin berbagi tips yang dihasilkan dari pengalaman nyata, ada baiknya sedikit bercerita dulu.

Sekitar pertengahan tahun 2008, saya mulai diminta oleh beberapa sekolah untuk menulis ijazah. Kegiatan ini rutin dikerjakan setiap akhir tahun pelajaran. Pada masa-masa awal mengerjakan tugas ini saya penah mengalami kejadian yang sangat fatal. Dimana waktu itu ada siswa yang datang ke rumah bersama orang tuanya. Kedatangan orang tua itu bermaksud untuk meminta agar ijazah anaknya didahulukan. Alasannya karena ijazah tersebut akan segera dipergunakan untuk melengkapi syarat-syarat melamar pekerjaan. Sembari menulis ijazah (waktu itu sampai pada bagian penulisan nilai), saya diajak ngobrol oleh orang tuanya. Selang beberapa menit konsentrasi saya buyar. Nilai ijazah yang bersangkutan tertukar dengan nilai ijazah temannya yang kebetulan saya letakkan persis disampingnya.

Saya sempat kebingungan dan berusaha memperbaiki masalah tersebut. Saya berusaha menebalkan angkanya supaya angka yang salah tadi bisa terlihat samar. Alih-alih ingin memperbaiki, goresan yang dihasilkan justru terlihat ‘mbleber’ (titik tintanya melebar kemana-mana). Karena belum berhasil, terpaksa saya dan orang tua siswa tadi ke rumah kepala sekolah dan melaporkan kejadian tersebut. Sesuai rekomendasi beliau bahwa ijazah tersebut tidak bisa diperbaiki lagi dan harus diganti dengan blangko yang baru. Nampak gurat kekecewaan dari orang tua siswa tersebut. Namun mau bagaimana lagi, semuanya sudah terjadi dan harus segera diperbaiki seperti semula.

Kejadian diatas bernar-benar terjadi selama saya awal-awal menulis ijazah. Namun seiring waktu saya banyak mengambil banyak pelajaran, pengalaman, dan tips-tips yang berguna yang bisa saya petik dari ‘kesalahan perdana’ tempo dulu.



Berikut tips ketika sedang menulis ijazah agar pengerjaan terasa nyaman :

  1. Kerjakan ditempat / ruangan yang mendapat penerangan cukup, bila perlu sediakan kipas atau AC. Biasanya ditengah-tengah menulis ijazah kita akan merasa lelah dan capek.
  2. Jauhkan kertas ijazah dari benda-benda yang mengandung cairan
  3. Sediakan camilan dan minuman segar supaya mata tidak cepat lelah dan mengantuk (posisi minuman diletakkan agak jauh)
  4. Jika menggunakan tinta injeksi maka isilah tinta terlebih dahulu dan lakukan di zona aman dari potensi tinta tumpah di atas kertas ijazah.
  5. Kerjakan dengan rileks dan santai. Jika terasa lelah, sesekali beristirahat dan berjalan-jalan di luar rumah. 

Berikut tips mengatasi kesalahan dalam penulisan ijazah :

  1. Cara yang cukup efektif adalah dengan menggunakan cairan khusus peluntur tinta yang biasa dijual di toko-toko buku besar. Caranya, cukup tuangkan cairan secukupnya pada daerah yang diperlukan, kemudian digosok secara hati-hati sampai tulisan yang salah pudar. Namun terus terang cara model ini belum pernah Bang Moody praktekkan, jadi tidak recomended...:-)
  2. Gunakan penghapus khusus tinta biasanya berwarna biru. Biasa dijual di toko-toko buku.
  3. Gunakan isolatif yang memiliki daya rekat bagus dan berkualitas. Tempelkan pada daerah tulisan yang salah. Setelah merekat pelan-pelan lepaskan isolatifnya. Biasanya lapisan kertas bagian atas akan ikut terbawa.
  4. Cara yang terakhir adalah cara yang sering dipraktekkan sampai sekarang, yakni gunakan cutter atau silet dan penghapus. Cara penggunaannya, kerok bagian yang salah secara searah, kemudian sesekali rapihkan dengan penghapus, setelah tinta samar permukaan kertas yang kasar rapihkan dengan sendok sampai merata.
Demikan tips yang bisa Bang Moody Dymaz bagi kepada sobat-sobat. Kuncinya adalah Kehati-hatian. Semoga bermanfaat.
Terima kasih sudah berkunjung di blog sederhana ini dan sampai jumpa pada artikel-artikel selanjutnya.

9 komentar

Adiyanto RICKY mengatakan...

Halo gan info nya berguna banget buat ane.

Btw boleh minta kontak email nya ga gan? Ane butuh banget rubah nama ijazah nih, ada salah tulis

Email ane: rickyadiyanto2@gmail.com

Thanks ya gan

moody dymaz mengatakan...

trims mas Ricky

moody80moody@gmail.com

monggo...

Unknown mengatakan...

ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CERITA CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah, hati hati teman banyak jasa pengurus yang tidak benar contoh'nya saya pernah adakan pengurusan di salah satu web ijasah di google ternyata hasil'nya saya hanya di TIPU, tapi saya'pun tetap bersabar dan alhamdulillah ternyata semua itu ada hikma'nya, dan suatu hari kemudian tak di sangka saya bertemu salah satu anggota keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya yang hilang mulai dari SD sampai S1 yang kemarin saya jadi korban kebakaran dan alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, syarat dan ketentuan cara ngurus ijasah di bawah ini wassalam.....

1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
– Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
– Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
– Drop out takut dimarahin ortu
– IPK jelek, ingin dibagusin
– Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
– Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
– Dll.
2. PRODUK KAMI
Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
SARJANA (S1, S2)..
Hampir semua perguruan tinggi kami punya
data basenya.
UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
STIE SUKABUMI YAI
ISTN STIE PERBANAS
LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
STIMIK UKRIDA
UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
UNIVERSITAS SAHID DLL

3. DATA YANG DI BUTUHKAN
Persyaratan untuk ijazah :
1. Nama
2. Tempat & tgl lahir
3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
4. IPK yang di inginkan
5. universitas yang di inginkan
6. Jurusan yang di inginkan
7. Tahun kelulusan yang di inginkan
8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
4. Biaya – Biaya
• SD = Rp. 1.500.000
• SMP = Rp. 1.500.000
• SMA = Rp. 2.000.000
• D3 = 6.000.000
• S1 = 7.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
(kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
• D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
(minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
• Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

Unknown mengatakan...

mas numpang tanya nih . Disini bisa perbaiki ijazah yang luntur terkena air gak ya ?
Kalo ada tolong kabarin ya lewat email ariesmunandar0018@gmail.Com

Unknown mengatakan...

Mas,numpang nanya nih..disini bisa perbaiki ijazah .ijazah sy ada kesalahan angka kelahiran bisa ga ya perbaiki...?kalau bisa tolong kasih tau,.sy mntk tlong banget ni.ini email sy
suparsamade10@gmail.com

moody dymaz mengatakan...

@Unknown : silahkan wa 087717763027

Content Writer mengatakan...

penulis artikel viral keren gan, semoga bermanfaat untuk lainnya, ditunggu sharingnya lagi

yuni mengatakan...

kak, ijazah saya salah penulisan tahun lahir, kira" bisa diperbaiki gak? mohon infonya ya nftr56@gmail.com

yuni mengatakan...

kak, ijazah saya salah penulisan tahun lahir, kira" bisa diperbaiki gak? mohon infonya ya nftr56@gmail.com