Tips Perbaikan Electric Starter Sepeda Motor

Tips Perbaikan Electric Starter Sepeda Motor-Melanjutkan dari artikel sebelumnya tentang Tips Memperbaiki Speedometer analog sepeda motor kali ini Bang Moody akan berbagi tips perbaikan electric starter
Mungkin Anda pernah mengalami kesulitan ketika akan menyalakan mesin sepeda motor kesayangan dengan menggunakan electric starter. Electric starter tiba-tiba ‘mogok’. Padahal piranti yang satu ini sangat penting sebagai alternatif pendukung dari kick starter. Kerusakan yang menyebabkan electric starter tidak berfungsi normal bisa kita deteksi dari beberapa penyebab, di antaranya adalah sebagai berikut :

1.    Tegangan Accu dibawah normal

Accu Basah dan Kering
Tegangan accu standar untuk mampu menggerakkan dinamo starter adalah sebesar 12 volt. Bisa di cek dengan menggunakan multitester/avometer. Caranya posisikan skala multitester pada lajur DC 50 volt (sekedar mengingatkan, jika tegangan accu yang akan kita tes sebesar 12 volt, maka pengaturan skala multitester harus lebih tinggi, dalam hal ini adalah angka 50 volt). Kemudian kita ukur dengan posisi probe merah ditempelkan pada kutub positif dan probe hitam ditempelkan pada kutub negatif accu. Jika jarum multitester menunjukkan angka 12 volt berarti tegangan accu normal, sebaliknya jika menunjukkan angka dibawah 12 volt dapat dipastikan accu motor anda dalam kondisi lemah (low power). Segera charge atau jika memang sudah soak maka ganti dengan accu yang baru

2.    Fuse putus

Fuse jenis tabung
Fuse yang putus mudah dikenali dengan gejala-gejala tidak berfungsinya semua rangkaian kelistrikan pada sepeda motor, seperti lampu netral, sein, lampu top, klakson, termasuk juga electric starter. Hal ini bisa dimaklumi karena fuse berperan sebagai jembatan penghubung semua rangkaian kelistrikan sepeda motor. Cara memeriksa fuse yang putus atau tidak juga bisa di tes dengan menggunakan multitester. Caranya sangat mudah. Posisikan multitester pada skala 10x. Probe merah dan hitam ditempelkan pada masing-masing kutub (boleh diacak). Jika fuse normal maka jarum multitester akan bergerak, sebaliknya jika fuse sudah putus/rusak maka jarum tidak bergerak dan tetap diam ditempat

3.    Relay Starter (Bendik) tidak berfungsi

Relay Starter
Kerusakan komponen yang satu ini bisa di tandai dengan bunyi ‘cetak cetak’ saat electric starter dinyalakan. Bisa juga dengan cara menghubungkan baut kutub negatif dan positif dengan obeng. Jika setelah dihubungkan langsung dengan obeng electric starter menyala, dapat dipastikan kerusakan pada relay starter. Ganti dengan yang baru.

4.    Dinamo Starter

Dinamo Starter
Piranti electric starter yang satu ini termasuk yang jarang sekali mengalami kerusakan. Kerusakan pada dinamo starter tidak bisa tidak, harus digulung ulang oleh tukang dinamo. Kalau ingin praktis, bisa dibeli di bengkel-bengkel umum atau dealer khusus yang menyediakan spare part sesuai tipe motor.

5.    Brush

Brush Starter (Karbon)
Brush (sikat/arang) terletak didalam tabung dinamo starter, posisinya mengapit perputaran dinamo starter. Kerusakan pada perangkat ini biasanya ditandai dengan tidak berputarnya dinamo starter yang disebabkan menipisnya kop brush. Segera ganti dengan yang baru. Setelah dipasang dengan benar seharusnya electric starter sudah bisa berfungsi.

6.    Pelor /Roller Starter

Pelor Starter
Sama dengan dinamo starter, komponen roller starter juga termasuk yang jarang sekali mengalami kerusakan. Namun bukan berarti di anggap remeh. Kerusakan ini biasanya disebabkan karena per yang ada didalam mangkuk starter (blok sebelah kiri) tidak bisa mendorong roller untuk berputar alias macet. Cara mengatasinya bisa dengan mengeluarkan per tersebut kemudian ditarik-tarik agar lebih mulur, di kasih stemplet, dan dipasang kembali. Jika malas untuk memperbaiki, bisa dibeli di bengkel-bengkel terdekat.

7.    Switch/Saklar Electric Starter

Kerusakan pada komponen ini ditandai dengan tidak adanya tanda-tanda electric starter akan menyala (senyap), padahal lampu indikator berfungsi semua. Hal ini disebabkan karena arus dari accu tidak terhubung dengan baik pada switch. Cara mengatasinya adalah dengan membongkar switch starter dan membersihkan bagiain kuningan dan pernya dengan ampelas sampai bersih. Kemudian dipasang kembali.
Switch Starter / Saklar on off

Demikian Tips Perbaikan Electric Starter Sepeda Motor yang merupakan referensi dari pengalaman pribadi saya. Semoga sedikit bisa membantu sobat-sobat semua. Jika ada masukan atau tambahan tips silahkan tinggalkan komentar.

Catatan pengalaman tambahan :
Saya pernah memperbaiki sepeda motor (Vega ZR) yang mengalami disfungsi electric starter. Beberapa tips diatas sudah dicoba tetapi electric starter tidak berfungsi. Prediksi saya, ada instalasi yang mengalami kontak body (konslet) . Setelah diselidiki, ternyata dugaan saya benar. Kabel positif accu (merah) yang menuju dinamo starter terjepit oleh baut 8 mm di blok samping, akibatnya kabel mengelupas dan kawatnya bersentuhan dengan blok. Sehingga terjadilah konsleting. Setelah saya bereskan kabelnya, electric starter bisa kembali normal.

2 komentar

Unknown mengatakan...

Terimakasih, bermanfaat bgt. Trnyta motor sya bendik ny yg russk

moody dymaz mengatakan...

sma2 agan odietya prayoga, trmksh sdh berkunjung...