Tips Mudah Membedakan Ikan Segar dan Busuk


Tips Mudah Membedakan Ikan Segar dan Busuk - Blog Moody Dymaz

Pernahkah anda mendapati ikan yang terlihat segar namun sesungguhnya sudah busuk?. Tentunya butuh ketelitian dan kecermatan konsumen dalam memilih dan memilah mana ikan yang layak dikonsumsi dan mana yang tidak.


Seperti kita ketahui bersama bahwa ikan adalah salah satu jenis makanan yang sangat digemari oleh sebagian besar masyarakt kita. Disamping pilihannya banyak dan bermacam-macam, ikan dipercaya mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Terutama sebagai sumber protein hewani yang sangat baik untuk tubuh. Selain itu ikan juga kaya dengan kandung lemak, vitamin A dan vitamin D.

Secara umum ikan bisa dikategorikan kedalam 2 jenis, yakni ikan air laut dan ikan air tawar (sebagian orang menyebutnya ikan darat) Berikut ini admin bagikan tips mudah untuk mengetahui perbedaan ikan segar dan ikan yang sudah busuk 




1. Ikan segar Badannya kaku dan kelihatan berwarna alami. Daging disekitar ekor berwarna putih cerah dan elastis Ikan Busuk Badannya terasa lunak ketika dipegang. Apabila dipijit dagingnya tidak kembali lagi (tidak elastis).

2. Ikan segar Dagingnya sukar dipisahkan dari tulang-tulangnya. Ikan Busuk Dagingnya mudah dipisahkan dari tulang-tulangnya

3. Ikan segar Insangnya berwarna merah segar Ikan Busuk Insangnya berwarna kelabu dan terlihat pucat

4. Ikan segar Mata berbentuk bundar, pupil hitan dan kornea rata dan jernih Ikan Busuk Kornea mengkerut dan warna pupil menjadi kelabu.

Demikian sedikit informasi tentang TIPS MUDAH MEMBEDAKAN IKAN SEGAR DAN BUSUK Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah singgah di blog sederhana ini. Sampai jumpa pada artikel-artikel selanjutnya.

Tidak ada komentar