Manfaat Gizi Pada Pertumbuhan Badan dan Perkembangan Remaja

Manfaat Gizi Pada Pertumbuhan Badan dan Perkembangan Remaja - Moody Dymaz

Gizi sangat berpengaruh penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan manusia khususnya pada fase remaja. Pengaruh ini dimulai semenjak manusia berada dalam masa kandungan ibunya.
Oleh karenanya sangatlah wajar, bagi kaum ibu yang sedang hamil (bumil) mereka sangat membutuhkan perhatian lebih, khususnya dalam hal asupan gizi yang baik. Hal ini tidak lepas dari kebutuhan bayi yang dikandungnya agar kelak tumbuh sehat dan cerdas.





Berikut ini faktor-faktor penyebab pentingnya menjaga asupan gizi yang baik bagi ibu hamil :

1. Sang ibu harus berada dalam keadaan sehat dan bugar. Hal ini sangat penting untuk menjaga kondisi ketika tiba saat proses persalinan.

2. Pengaruh kondisi ibu sangat berpengaruh besar terhadap kondisi bayi yang dikandungnya. Jika kondisi kesehatan ibunya terjaga maka kondisi bayinya pun sehat, begitupun sebaliknya, jika kondisi kesehatan sang ibu terganggu maka akan berdampak sama bagi kesehatan sang bayi. Oleh karena itu ibu yang sedang hamil memerlukan nutrisi yang seimbang dan proporsional. Berbeda dengan ibu-ibu yang dalam kondisi normal.

Sedangkan pengaruh yang timbul akibat dari kondisi kesehatan ibu kepada bayi yang dikandungnya akan terlihat dari mulai fase kandungan, persalinan, sampai bayi beranjak dewasa. Hal ini dapat terlihat pada :

• Penampilan seseorang
Biasanya orang yang mendapatkan gizi cukup akan terlihat dari penampilannya yang cerah, segar, bercahaya, riang dan gembira, tidak loyo. Kesimpulannya sehat jasmani maupun rohani.

Pertumbuhan badan
Pertumbuhan badan orang yang sehat akan lancar. Ukuran tubuh proporsional. Perbandingan tinggi badan dan berat badan seimbang.

Adapun rumus ukur untuk menghitung tinggi dan berat badan ideal adalah sebagai berikut:

Tinggi badan – 100 cm =........cm dikurangi lagi 10%
Contoh : tinggi badan Yosep adalah 153 cm. Berat badan Yosep seharusnya (153 cm – 100 cm = 53 cm – 10% x 53 cm) x 1 kg = 47,7 kg atau dibulatkan menjadi 48 kg.

Kepribadian
Orang yang bergizi cukup bisa dengan mudah menyesuaikan diri dengan lingkungannya

Tenaga dan prestasi
Menurut penelitian , IQ seseorang ditentukan juga oleh gizi yang diperolehnya sejak ia berada dalalm kandungan ibunya.

Kesimpulannya adalah, gizi yang seimbang dan proporsional akan sangat berpengaruh besar bagi pertumbuhan dan perkembangan remaja. Gizi yang baik harus mulai diberikan sejak bayi masih dalam kandungan.

Demikian sedikit informasi tentang MANFAAT GIZI PADA PERTUMBUHAN BADAN DAN PERKEMBANGAN REMAJA.
Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah singgah di blog sederhana ini. Sampai jumpa pada artikel-artikel selanjutnya.


Tidak ada komentar