KARANG TARUNA KARYA BHAKTI GELAR PENGAJIAN UMUM MEMPERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD SAW.



KARANG TARUNA KARYA BHAKTI GELAR PENGAJIAN UMUM MEMPERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD SAW.




Pada hari Sabtu, 22 Desember 2018 Organisasi kepemudaan Desa Benda Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu yang tergabung dalam wadah Karang Taruna Karya Bhakti menggelar kegiatan berupa pengajian umum dalam rangka turut memeriahkan peringatan maulid Nabi Muhammad Saw Tahun 1440 H. 

Acara yang dihelat didepan balai Desa Benda ini mengusung tema “Nabi Muhammad Saw. Teladan bagi Generasi Milienial” ini dihadiri kurang lebih 250 pengunjung yang terdiri dari unsur perangakat desa, ulama, tokoh masyarakat, jamaah Masjid Sabilul Huda Desa Benda, serta rombongan remaja masjid (Irmas), serta tak ketinggalan jajaran panitia dan pengurus Karang Taruna Karya Bhakti masa bhakti 2016-2019.


Kegiatan pengajian umum yang dilaksanakan pada malam hari ini sekaligus sebagai rangkaian dari kegiatan pagi hari berupa karnaval kesenian lokal manuk dangdut yang bernuansa sosial. Disebut bernuansa sosial, karena peserta karnaval ini dikhususkan untuk anak-anak yatim dan tidak dipungut biaya. Justru selesai karnaval rombongan manuk dangdut berinisiatif mengadakan kegiatan penggalangan dana sosial yang hasilnya disumbangkan untuk anak-anak yatim tersebut yang dikenal oleh masyarakat sekitar dengan sebutan “Temoh”. 

Rangkaian kegiatan pengajian umum dibuka dengan penampilan grup hadroh Shohibul Wathon dari Karangampel, dimana beberapa personilnya juga termasuk pengurus aktif dari Karang Taruna Karya Bhakti. Selanjutnya grup hadroh kedua diisi oleh Majelis shalawat An-Nida dari Kecamatan Widasari. Berakhirnya penampilan dari majelis shalawat An-nida sekaligus menjadi pembuka acara pengajian umum. 

Pemandu acara, Rachmat Hidayat, yang merupakan koordinator divisi kerohanian, membuka acara dengan membacakan doa basmalah. Selanjutnya, gema wahyu Ilahi yang dilantunkan oleh ananda Fikri (Ketua Irmas Sabilul Huda). Acara berikutnya sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama disampaikan oleh ketua Karang Taruna Karya Bhakti, Tarmudi, S.Pd, sekaligus menyambut atas nama ketua panitia. Dalam sambutannya, Mudy, demikian ia biasa disapa, menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama semua pihak yang turut berkontribusi demi terselenggarannya kegiatan, serta ucapan terima kasih kepada para tamu undangan dan jamaah yang sudah berkenan hadir. Selanjutnya, Mudy melaporkan beberapa program kegiatan Karang Taruna selama tiga tahun berjalan dan sukses dilaksanakan. 
Program-program tersebut diantaranya :

1. Turnamen futsal tingkat RT (Divisi Olahraga)
2. Tabligh akbar menyambut bulan suci Ramadhan (Divisi Kerohanian)
3. Pengajian yasin mingguan (Divisi Kerohanian)
4. Kemah Bhakti pemuda Karang Taruna se-Kab.Indramayu (Divisi Pengembangan SDM)
5. Reboisasi sepanjang jalan Tegalagung (Divisi Lingkungan Hidup)
6. Lomba Peringatan HUT RI (Divisi Pemuda & Olahraga)
7. Menghadiri undangan pengajian umum (Divisi Kerohanian)
Dan beberapa program-program kerja lainnya. 

Diakhir sambutannya ketua Karang Taruna menghimbau kepada para pemuda agar turut ambil bagian dan pro aktif dalam upaya membangun dan memajukan Desa Benda pada khususnya, umumnya membangun bangsa Indonesia yang maju & berperadaban. Karena ditangan pemuda lah tergenggam arah nasib dan keberlangsungan bangsa kedepan. 

Selanjutnya adalah acara inti siraman rohani oleh Ustadz Zaenal Abidin, dari Kabupaten Subang. Dalam ceramahnya Ustadz Zaenal menyinggung tentang eksistensi dan peran pemuda masa kini yang sudah dicontohkan oleh Baginda Rasulullah SAW., serta bagaimana para pemuda bisa memaknai peristiwa kelahiran Nabi Muhammad SAW. 

Acara berakhir sekitar pukul 12.30 dinihari dengan pembacaan doa oleh Ustadz Abdurrochim. 



Tidak ada komentar