Tips Memulai Bisnis Online

Tips Memulai Bisnis Online - Bang Moody

Salah satu bisnis yang sedang tren saat ini adalah bisnis online. Bisnis ini dianggap efektif dan praktis untuk meraup banyak keuntungan. Disamping dari sisi marketing-nya tergolong mudah karena mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat dari berbagai level, khususnya yang sudah familiar dengan internet, bisnis online relatif lebih menghemat waktu dan tenaga dalam mensosialisasikan suatu produk/jasa.



salah satu bisnis yang sedang saya jalankan




Namun, sebagian orang yang hendak memulai bisnis online masih kebingungan untuk memulainya. Nah, pada kesempatan kali ini admin ingin berbagi tips sederhana tentang bagaimana memulai bisnis online. Dengan harapan, bisnis yang dijalankan bisa berhasil dan sukses.


A.    Bangun Komitmen Kuat

Sebelum memulai bisnis online terlebih dahulu tanamkan komitmen dalam diri anda. Yakinkan bahwa anda akan berusaha seoptimal mungkin untuk menjalankannya. Siap berbisnis, tentu harus siap pula dengan tantangan-tantangannya. 

Komitmen yang dimaksud adalah : siap bekerja keras dan pantang menyerah, siap menanggung resiko, dan tidak lekas pesimis jika mengalami kegagalan di tengah jalan.

B.    Tentukan Bisnis Online yang Potensial

Mungkin bagi para pemula, cukup sulit untuk bisa menentukan bisnis online seperti apa yang potensial. Bisnis online yang dianggap potensial adalah bisnis yang berorientasi dengan kebutuhan masyarakat dewasa ini. Tentunya dengan mempertimbangkan pula kondisi finansial yang ada. Karena terkadang bisnis yang cukup menggiurkan tidak bisa dijalankan karena kondisi keuangan (modal)  yang tidak cukup.

Berikut ini adalah beberapa contoh bisnis online beserta tips-tips untuk menjalankannya.

1. Membuat Blog/ Website yang dimonetisasi
Membuat blog/website adalah alternatif pilihan yang pertama. Dengan membuat blog/website kita bisa mendapatkan banyak keuntungan. Pertama, bisa menyalurkan hobi menulis dan mengembangkannya dalam bentuk yang lebih variatif, kedua, mengasah keterampilan dan kreasi dalam mendesain tulisan dan tampilan blog/website, ketiga, tentunya penghasilan yang bisa anda peroleh melalui jasa publikasi iklan dengan estimasi pembayaran yang bervariatif, tergantung spasi dan content iklan. Salah satu penyedia layanan iklan yang membayar mitranya adalah PPC Google Adsense.

Semakin ramai pengunjung blog/website, maka peluang untuk mendapatkan penghasilan semakin terbuka lebar.

2. Membangun Toko Online (Online Shop)
Kenapa bisnis Toko Online dianggap potensial?. Jawabannya karena bisnis Toko Online sangat digandrungi seiring kemajuan teknologi dan komunikasi. Alasan lainnya adalah, tidak sedikit masyarakat kita yang tidak memiliki waktu yang cukup untuk sekedar berbelanja kebutuhan-kebutuhan pribadi atau keluarga. Masyarakat cenderung berpikir ‘instant’ dan tidak mau repot-repot mencari produk kesana-kemari. Cukup dengan membuka website dimana Toko Online kita membuka lapak, menentukan pilihan produk (order), transaksi pembayaran, kirim barang, selesai.

Lantas, bagaimana kalau anda tidak memiliki modal yang cukup untuk menjajakan produk-produk dagangan?, masalah ini bisa diatasi dengan cara anda mengikuti program dropship dari berbagai supplier yang siap untuk menjalin kerjasama dan kemitraan. Istilah ini dikenal dengan nama Bisnis Dropship.

3. Menjual Produk Digital (Digital Product)
Bagi anda yang memiliki bakat dan kemampuan dalam suatu karya yang bisa dikomersilkan, maka alangkah baiknya jika kemampuan dan ilmu yang anda miliki itu didokumentasikan dalam bentuk e-book (buku elektronik), video tutorial, artikel, dan sebagainya. Karena sebagian orang lebih suka membaca & menikmati materi yang bersifat digital daripada ‘analog’

Anda bisa memasarkan e-book atau video tutorial asli buatan sendiri ke forum-forum dimana banyak pengunjung dunia maya berkumpul dan berinterkasi.

4. Menjadi Affiliate Marketer
Affiliate Marketer disini maksudnya adalah, kita bisa menjualkan produk orang lain yang bisa kita pasang di bog/website yang kita kelola. Ibaratnya, anda yang punya lahan/kios, orang lain yang siap menyuplai barang dagangannya. Banyak situs-situs yang bisa diajak kerjasama, salah satu contohnya adalah situs Tokopedia.

5. Menjadi Penulis Artikel (Ghost Writer)
Seiring bermunculan banyak blog/website/situs, maka tuntutan untuk melengkapi artikel atau tulisan yang berkualitas kerap dibutuhkan. Tidak semua pemilik website bisa melakukan update artikel secara rutin. Disinilah anda bisa menawarkan jasa untuk membuat artikel sesuai dengan genre dari situs yang bersangkutan. Misalnya tentang fashion, teknologi mutakhir, politik, olahraga, dan sebagainya.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar