Tips Agar Kunci Kontak Motor Awet dan Tidak Cepat Longgar

Tips Agar Kunci Kontak Motor Awet dan Tidak Cepat Longgar - Bang Moody Dymaz
Pada saat pertama kali kita membeli sepeda motor baru, kondisi kunci kontak dan rumahnya tentu masih dalam keadaan baik dan normal. Namun seiring waktu dan pemakaian yang salah bisa berakibat kunci kontak rusak lebih cepat.


Kondisi kunci kontak yang sudah rusak (baca: dol) tentunya sangat mengganggu atau bahkan bisa membahayakan pemilik sepeda motor. Karena bisa saja ketika berkendara kemudian laju motor tidak stabil dan tiba-tiba kunci jatuh dan anda kaget, maka kemungkinan bahaya kecelakaan bisa saja terjadi.

Biasanya kebanyakan orang langsung menggantinya dengan kunci kontak yang baru atau paling “irit” memberinya gantungan tali yang dikaitkan di leher motor supaya kunci kontak tidak jatuh ketika lepas dari rumahnya.

Namun tak ada salahnya kita berjaga-jaga agar kunci kontak tidak cepat rusak. Tentu dengan cara merawat dan menggunakannya dengan benar.

Berikut ciri-ciri  dan solusi perawatan kunci kontak sepeda motor yang benar versi Bang Moody Dymaz

Ciri-ciri kunci kontak sudah rusak :
•    Ketika diposisikan pada OFF kunci tidak bisa dikeluarkan dari rumahnya. Begitu juga sebaliknya ketika posisi ON kunci kontak justru bisa dilepaskan dengan mudah.

Tips perawatan kunci kontak :
•    Lakukan pelumasan pada anak kunci dan lubangnya secara rutin. Hal ini dimaksudkan supaya komponen-komponen mekanis yang ada dalam rumah kunci tidak cepat karat. Karat inilah yang bisa menyebabkan kemacetan kunci kontak.

•    Tutuplah lubang kunci ketika motor dalam keadaan tidak aktif (tutup kunci kontak terdapat pada motor-motor tertentu). Hal ini bermanfaat agar lubang kunci tidak kemasukan benda-benda asing, seperti air, embun, debu, atau kotoran. Jika benda-benda asing tersebut sering “mampir” didalam rumah kunci maka kemungkinan komponen mekanis mengalami korosi sangat mungkin terjadi.

•    Jangan menambahkan asesoris/gantungan yang terlalu berat pada kunci, karena hal ini bisa menyebablkan beban dan gesekan komponen pada rumah kunci.

•    Lakukan putaran yang benar ketika anda menggunakan kunci kontak. Jika terasa macet jangan dipaksakan, lumasi kunci sambil diputar pelan-pelan.

Demikian tips seputar agar kunci kontak sepeda motor awet dan tidak mudah longgar atau dol. Jika artikel ini bermanfaat silahkan sobat-sobat share.

Terima kasih atas kunjungannya.

Tidak ada komentar