Cara Praktis Membasmi Tikus Rumah Yang Menjengkelkan

Cara Praktis Membasmi Tikus Rumah Yang Menjengkelkan 

Pernahkah anda dibuat jengkel gara-gara ulah tikus?

Sebagai salah satu hewan pengerat, tikus tergolong hewan yang memiliki populasi yang sangat banyak. Keberadaannya sangat mudah ditemukan di beberapa tempat di muka bumi ini. 

Selain meresahkan karena aktifitasnya yang sangat mengganggu, seperti memakan makanan manusia, meninggalkan kotoran di lantai, menggigit benda-benda berharga, mengeluarkan bunyi yang berisik, dan merusak perabotan rumah tangga, tikus dianggap sebagai salah satu hewan yang paling “bertanggung jawab” atas kerusakan padi para petani atau buah-buahan di ladang. 


image : cnnindonesia.com

Karena aksinya yang sangat mengganggu stabilitas keamanan rumah tangga dan masyarakat umum tidak sedikit warga masyarakat yang sengaja melakukan perburuan tikus secara massal. Namun terkadang cara ini tidak bisa permanen.

Nah, ada cara yang lebih efektif untuk bisa menghalau hewan yang satu ini. 

Yuk disimak cara-caranya :

1. Memelihara Jangkrik.

Jangkrik terbukti mampu mengusir tikus yang acap nongol dan membuat masalah. Suara unik yang dikeluarkan oleh jangkrik sangat mengganggu kenyamanan tikus-tikus disekitarnya. Cara mempraktikannya adalah, taruh jangkrik di daerah yang sering dilalui tikus, atau letakkan jangkrik kedalam kandang kecil khusus serangga kemudain digantung. Perlu dicatat, carilah jangkrik dengan suara yang tidak terlalu berisik di telinga, karena ini justru akan mengganggu penghuni rumah. 

2. Menggunakan Daun Mint

Aroma daun mint yang segar sangat dibenci oleh tikus. Cara menggunakannya, ambillah sari dari daun mint tersebut ke dalam wadah berisi air, kemudian air tersebut disemprotkan di tempat dimana tikus melintas dan beraksi. Biasanya tikus akan menjauhi titik-titik tersebut. 

3. Menggunakan Kapur Barus

Aroma kapur barus juga sangat dibenci oleh tikus. Taruhlah kapur barus di tempat-tempat yang sering dilalui tikus. Bisa juga dengan cara menggantungnya di tempat-tempat tertentu. 

4. Menggunakan Baking Soda

Campurkan baking soda dengan makanan yang digemari tikus. Kandungan sodanya akan membuat perut tikus bereaksi aneh dan kembung.

5. Menggunakan kulit durian

Cara selanjutnya adalah menggunakan kulit durian. Seperti yang kita ketahui bersama, durian memiliki aroma yang sangat menyengat. Dan ini sangat tidak disukai oleh tikus. Cara menggunakannya sangat mudah, anda cukup meletakkan kulit durian di titik-titik akses tikus. Bau durian yang sangat menyengat akan membuat tikus lari menjauh. 

6. Memelihara Kucing

Salah satu cara yang paling praktis untuk mengusir tikus adalah dengan memelihara kucing di rumah. Insting dan penciuman kucing yang sangat tajam akan membuat tikus di rumah anda lari terbirit-birit. Perlu diketahui, jika anda memelihara kucing rawatlah kucing itu dengan baik dan apik, sekiranya tidak berpotensi menimbulkan dampak negatif untuk anggota keluarga. Misalnya kucing yang cepat sakit-sakitan dan bisa menyebarkan penyakit pes. 

7. Memasang Jebakan Tikus

Cara ini sepertinya sudah sangat dikenal. Dengan memasang jebakan tikus dan target masuk perangkap, maka gerombolan tikus lainnya akan ciut nyali. Mereka akan pergi menjauh ketika melihat temannya masuk perangkap.

Demikain artikel Cara Praktis Membasmi Tikus Rumah Yang Menjengkelkan

Semoga bermanfaat.



Tidak ada komentar