Cara Memperbaiki Suara Motor Mio yang ‘Mberebet’

Cara Memperbaiki Suara Motor Mio yang ‘Mberebet’ - Bang Moody Dymaz

Di artikel sebelumnya saya pernah membahas mengenai gejala kerusakan pada sepeda motor matic Mio (injeksi ), yakni motor dalam kondisi matot (mati total).

Kali ini saya ingin menambahkannya dengan tulisan Cara Memperbaiki Suara Motor Mio yang ‘Mberebet’. Tulisan ini terinspirasi ketika saya selesai memperbaiki sepeda motor Mio milik saudara yang mengeluhkan suara mesin motor yang ‘mbrebet” dan menimbulkan suara berisik di telinga.



Berikut ini langkah-langkah yang saya kerjakan :

1.    Seperti biasa, sebelum saya memeriksa perangkat yang lain, terlebih dahulu saya cek kondisi busi, apakah pengapian pada kutubnya normal atau tidak. Ternyata percikan api dari busi berwarna kuning dan tidak fokus (normalnya berwarna biru dan fokus). Artinya ada 2 kemungkinan, businya yang sudah tua atau sistem pengapiannya yang tidak normal.

2.    Langkah selanjutnya perhatian saya langsung tertuju ke CDI. Karena perangkat yang satu ini sangat berperan penting  untuk mendistribusikan konsumsi pengapian ke coil  kemudian menyuplainya ke busi.
Setelah saya periksa memang kondisi CDI sudah saatnya diganti. Kualitas pengapian yang dihasilkan kurang begitu baik.

Namun, karena pertimbangan harga CDI baru yang orisinil berkisar antara 650 ribu ke atas, akhirnya rencana membeli CDI diurungkan, he...he...maklum kocek belum bersahabat.

3.    Langkah selanjutnya, saya bersihkan injeksi dengan alat pembersih (injection cleaner) berikut filternya.

4.    Terakhir, saya periksa bagian nozzle. Ternyata piranti yang satu ini tidak terkunci dengan baik. Baut dan packingnya renggang (perlu diketahui 1 hari sebelumnya motor ini di bongkar oleh montir bengkel terdekat, namun belum sampai selesai). Setelah saya bongkar memang nozzlenya juga sudah usang. Bagian ini langsung diganti baru seharga 150.000. Langsung saya pasang dan dikunci dengan kunci T8.




5.    Setelah semua piranti terpasang dengan benar, motor saya starter, Alhamdulillah suara motor sudah lebih baik, walaupun masih ada sedikit suara aneh (CDI harus ganti), tapi tidak begitu mengganggu. Saya klaim keberhasilannya mencapai 90%

Demikian artikel Cara Memperbaiki Suara Motor Mio yang ‘Mberebet’ yang saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi. Bagi sobat yang ingin menambahkan pengetahuan yang lainnya mohon kiranya berkenan berbagi di kolom komentar.

Terima kasih.


Tidak ada komentar