Si Otong dan Ladies First

Si Otong dan Ladies First - Suatu hari si Otong yang masih duduk di kelas 3 SD mendapat tugas PR mata pelajaran Bahasa Inggris dari Bu Utung. Tugasnya adalah mencari sebanyak-banyaknya kosa kata Bahasa Inggris yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Kebetulan Otong adalah salah satu dari sekian siswa yang suka dengan pelajaran Bahasa Inggris. 

Ketika pulang sekolah, seperti biasa Otong berjalan dari sekolahnya menuju halte. Dalam perjalanan, di dalam angkutan umum dia menjumpai sepasang bule suami istri yang sedang bertengkar hebat dan saling mengeluarkan kata-kata makian. Otong kebingungan, tapi dia sempat menangkap kata-kata dari suami bule tersebut:
“Sit down...!!!” (bule laki-laki itu menyuruh istrinya untuk duduk dan berbicara baik-baik)
Otong berpikir, wah..kebetulan saya jadi teringat tugas Bahasa Inggris yang diberikan Bu Utung, Alhamdulillah saya sudah menemukan satu kosa kata pertama, yaitu SIT DOWN..!!
Masih didalam angkutan umum, seperti biasa mata Otong selalu melihat-lihat pemandangan di sepanjang jalan. Hari itu kelihatan ramai sekali. 

Tanpa sengaja sepasang matanya tertuju pada sebuah papan reklame berukuran raksasa yang terpampang di dekat pusat perbelanjaan. Kelihatannya reklame film bioskop terbaru yang akan segera tayang. Gambarnya seperti seorang tokoh superhero di TV-TV, di sampingnya tertulis huruf besar : SPIDERMAN. Otong kembali tersenyum lugu. Saya dapat kosa kata kedua : SPIDERMAN. 

Sesampainya disebuah perempatan, beberapa penumpang bule, termasuk sepasang bule yang tadi bertengkar mendadak berteriak meminta sopir menghentikan laju kendaraan. Kelihatannya mereka sudah sampai tujuan. Karena yang turun adalah orang-orang bule dan kebetulan kernetnya juga jago Bahasa Inggris, kernet tadi berteriak lantang, memberi perhatian kepada penumpang-penumpang yang lain : LADY FIRST, LADY FISRT..!!!, maksudnya yang turun dulu utamakan yang wanita.
Otong dapat satu kosakata lagi : LADY FIRST, pikirnya.


Sampai dirumah Otong langsung tidur kelelahan.


Besok paginya Bu Utung bertanya kepada murid-murid dikelas. “Siapa yang sudah menemukan kosa kata dalam Bahasa Inggris, acungkan tangan..!!
Dengan sigap dan penuh percaya diri Otong mengangkat tangan tinggi-tinggi, “Saya bu..!!”
“Iya Otong, silahkan sebutkan kosa kata yang kamu temukan kemarin?”
“SIT DOWN...!!”, Otong berteriak keras menirukan ucapan bule yang kemarin marah-marah.
Bu Utung lantas kebingungan, dia berpikir Otong menyuruhnya untuk duduk.
“Otong, kenapa kau bicara seperti itu kepada gurumu?, itu namanya tidak sopan, siapa yang mengajarimu berkata seperti itu?”
Otong menjawab dengan kosa kata yang kedua : “SPIDERMAN bu!”
Bu Utung tambah naik pitam, dikiranya Otong bercanda dan tidak serius dalam pelajaran.
“Kamu keterlaluan ya, ditanya baik-baik kok jawabnya ngawur, sekarang juga Ibu memerintahkanmu untuk keluar dari kelas, cepat...!!”
Saking lugunya Otong pantang menyerah dan menjawab dengan kosa kata terakhir : LADY FIRST..!!, yang artinya silahkan wanita dulu. 


Bu Utung tiba-tiba sempoyongan & pingsan dikelas.





Tidak ada komentar