Service Ringan Sepeda Motor
Buat sobat Bang Moody yang ingin melakukan servis ringan kuda besinya, kali ini Bang Moody akan sedikit berbagi tips dan langkah-langkah servis ringan yang bisa di kerjakan sendiri di rumah. Kali ini sampelnya adalah motor Vega ZR tahun 2009. Untuk sepeda motor tipe lain teknisnya relatif sama, perbedaannya hanya pada kunci yang digunakan. Mudah-mudahan bisa menambah wawasan sobat-sobat semua, cekidot...!!
Perlengkapan standar yang harus di siapkan :
1. Kunci Busi
2. Obeng Minus & Plus
3. Kunci ring 10 / L (sesuai tipe motor)
4. Kunci pas 17 khusus pembuka tutup klep
5. Kunci setel klep
6. Kunci ring 17/19
7. Kunci pas 23/24 (sesuai tipe motor)
8. Kunci T 12/14
9. Kunci ring 14
10. Wadah tempat cuci karburator
11. Amplas & jarum pentul
12. Kuas / Sikat gigi bekas
Langkah-langkah Servis :
1. Buka kap penutup samping kanan kiri
2. Lepaskan kabel gas & buka karburator. Bersihkan komponen dalamnya (pilot jet, main jet) dengan kuas/sikat, lebih baik bila di bersihkan menggunakan kompressor, jika tidak ada bisa di lakukan manual dengan di tiup-tiup sampai benar-benar bersih dan tidak ada lubang yang tersumbat. Pastikan juga lubang-lubang saluran di area karburator bersih
3. Rakit kembali karburator
4. Buka filter udara dengan obeng + dan bersihkan dari debu, lebih mantap lagi busa filter dicuci dengan solar, keringkan & pasang kembali
5. Buka tutup kelep (atas & bawah) dengan kunci 17
6. Buka 2 tutup lubang intip magnet dengan obeng - / uang logam
7. Putar magnet dengan kunci T 12/14 berlawanan arah jarum jam, perhatikan posisi top pada magnet (bertanda khusus)
8. Kalau masih ragu sudah top atau belum bisa di cek dengan memasukkan obeng ke lubang busi, jika seher sudah naik berarti posisi sudah top (istilah mekaniknya TMA : Titik Mati Atas)
9. Setel standar gap klep, selesai tutup kembali
10. Bersihkan busi dengan amplas dan korek dengan jarum pentul, cek juga gap kutub businya
11. Bersihkan filter bensin barangkali kotor/tersumbat
12. Pasang kembali perangkat karburator, filter udara, tutup lubang intip, dll.
13. Kendorkan mur roda (17/19) & mur gir (23/24)
14. Setel mur 10/12 untuk mengatur standar kekencangan rantai. Pastikan tanda strip pada chasis seimbang kiri kanan. Jika di rasa cukup kencangkan dulu mur 17/19, 23/24 tadi, di lanjutkan dengan mengencangkan mur pengikat (10)
15. Lumasi rantai dengan cairan khusus rantai
16. Cek rem depan/belakang (khusus sistem tromol), sesuaikan dengan kenyamanan kaki saat menginjak pedal rem, gunakan kunci 14
17. Cek kelistrikan : head lamp, lampu sein, rem, accu, dll apakah masih berfungsi
18. Tes pengapian pada busi, jika berwarna merah dan tidak fokus, ganti baru
19. Cek kondisi angin ban depan dan belakang
20. Nyalakan mesin, setel langsam
21. Selesai
Demikian tulisan Bang Moody kali ini. Semoga bermanfaat & mohon maaf jika ada kekurangan. Di tunggu komentar & masukannya....
Sumber : Pengalaman Pribadi
Post a Comment