Tips Memperbaiki Rice Cooker Part 1

Tips Memperbaiki Rice Cooker Part 1 - Kali ini Bang Moody akan sedikit berbagi mengenai tips perbaikan rice cooker yang tidak bisa ‘melaksanakan tugas’ dengan semestinya. Pada kesempatan kali  ini kasusnya adalah piranti ini tidak bisa digunakan untuk menanak nasi. Ketika saklar seharusnya bergerak pada posisi warming (perpindahan dari cooking) saklar tersebut tidak diam saja, dan biasanya ini yang menyebabkan nasi cepat gosong.


Baca Juga Artikel Tips Perbaikan Electric Starter Sepeda Motor
 

Tahap perbaikan :
  • Buka baut penutup cover bagian bawah bagian pantat rice cooker
  • Buka saklar / switch cooking/warming
  • Setelah bagian cover body dilepas, perhatikan ada komponen kecil bernama thermistor. Alat ini yang  bertugas untuk mengatur temperatur suhu, kapan untuk memasak, dan kapan saatnya untuk menghangatkan. Biasanya melilit di body panci. Bentuknya seperti ini 
  • Perhatikan body thermistor. Biasanya pada kasus kerusakan parah bagian bodynya kelihatan pecah, retak, atau menggelembung. Namun, walaupun secara kasat mata kelihatan baik-baik saja biasanya memang komponen ini yang umum mengalami kerusakan. Jadi, supaya tidak ragu sobat bisa membeli komponen ini di toko elektronik terdekat, harganya pun relatif murah. Jangan lupa sesuaikan kapasitas thermistor yang rusak dengan yang baru (tertera di bagian body, menggunakan satuan derajat celcius)
  • Pasang thermistor yang baru. Hati-hati ketika mematri/menyolder bagian-bagian kutubnya. Jangan mematri berlama-lama. Karena pengalaman Bang Moody  waktu memperbaiki bagian ini, panas yang berlebih pada soleder bisa menyebabkan komponen dalam thermistor rusak.
  • Lindungi bagian kaki-kakinya dengan kondom khusus kabel supaya tidak terjadi kontak dengan body panci (Bisa dilihat pada gambar diatas)
  • Setelah dipastikan aman, silahkan sobat pasang kembali baut-baut pada tempatnya masing-masing
  • Selesai
Demikian Tips Memperbaiki Rice Cooker Part 1. Semoga Bermanfaat. Silahkan sobat tinggalkan komentar untuk bertanya, berbagi, atau mengoreksi materi artikel. Terima kasih sudah berkunjung ke Bang Moody

Tidak ada komentar