Tips Perbaikan Indikator Bahan Bakar Motor

Indikator Bahan Bakar
Alhamdulillah di sela aktifitas kantor, saya masih menyempatkan diri untuk menulis artikel, yang mudah-mudahan bermanfaat bagi sobat-sobat Blog Bang Moody Dymaz. Kali ini tipsnya adalah perbaikan indikator bahan bakar pada sepeda motor yang menggunakan model analog.
Indikator bahan bakar termasuk komponen yang vital bagi kendaraan bermotor, khususnya pada sepeda motor. Keberadaannya membantu para biker untuk mengetahui dan mengontrol suplay volume bahan bakar pada tangki. Sehingga resiko kendaraan mogok di tengah jalan bisa diantisipasi.
Baca Juga Artikel sebelumnya Tips Perbaikan Electric Starter Motor
Gejala kerusakan yang timbul pada indikator BBM analog adalah tidak berfungsinya jarum berwarna merah ketika selesai mengisi bahan bakar. Jarum tidak mau bergerak ke atas (model vertikal) atau ke kanan (model horizontal). Posisi jarum justru berbalik arah menjauh dari posisi tanda F (Fuel).
Berdasarkan pengalaman saya selama memperbaiki sepeda motor, faktor penyebab disfungsinya indikator BBM bisa diketahui dari beberapa penyebab, antara lain :

1.    Kuningan di dalam soket yang menuju pelampung sudah lapuk

Biasanya kerusakan bagian ini lebih mudah diatasi. Tinggal dibersihkan bagian kuningannya menggunakan kuas dicampur bensin dan dikeringkan biasanya kembali normal. Selain dibersihkan menggunakan bensin cara lain juga bisa dengan ampelas halus. Gosokkan pada bagian kuningannya sampai bersih.

2.    Kuningan pada Papan Sirkuit (PCB) pelampung sudah kotor/aus. 

Kerusakan pada bagian ini terbilang agak riskan, karena jalur/sirkuitnya yang kecil, kita harus ekstra hati-hati untuk membersihkannya menggunakan amplas halus. Setelah permukaan jalur kuningan sudah halus, kita cek juga plat yang bersentuhan dengan jalur kuningan apakah bisa menempel dengan baik atau tidak, cara yang lain kita coba gerakkan pelampung naik turun secara manual. Jika indikator juga bergerak naik turun berarti indikator tersebut sudah normal kembali.

3.    Kabel dari accu menuju pelampung BBM terputus di tengah jalan

Cara mengatasinya tiada lain kabel harus disambung kembali

Demikain tips dari Bang Moody semoga bermanfaat. Jika ada yang belum jelas atau mau menambahkan silahkan tinggalkan pertanyaan/komentar.
Terima kasih sudah mampir di Blog Bang Moody Dymaz

Tidak ada komentar