Simak!, Tips Jitu Agar Raker Sekolah Berjalan Efektif

Raker Sekolah Yang Efektif - Menjelang tahun ajaran baru,biasanya sekolah-sekolah mengagendakan rapat kerja sekolah, sebagai momentum yang tepat untuk menyatukan visi dan misi terkait dengan persiapan administrasi dan tugas pokok para pemangku kebijakan.

Pic.1. Suasana Rapat Kerja di SMP NU Widasari - Indramayu


Pic.2. Suasana Rapat Kerja di SMP NU Widasari - Indramayu


Namun terkadang dalam pelaksanaannya, Raker tidak mencapai sasaran yang diharapkan.Kegiatan rapat kerja sekolah (sering disebut Raker) hanya membuang waktu dan anggaran sekolah saja.karena sering tidak efektif,teman-teman guru dengan senda gurau,mengatakan “Raker “hanya untuk sekedar liburan bersama dan bersenang-senang.

Bagaimana membuat rapat kerja sekolah menjadi lebih efektif dan mencapai target yang diharapkan. Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan penyelenggara Raker:

1. Tepat waktu
Pastikan para peserta raker hadir tepat waktu. Bila perlu, beri reminder melalui email atau telepon satu hari sebelum raker. Tegaskan kepada para peserta untuk hadir tepat waktu karena sering kali raker tertunda karena menunggu kehadiran pesertanya.

2. Buat Agenda Raker
Agar raker berjalan teratur dan menghindari pembicaraan di luar seharusnya, Anda perlu membuat agenda raker. Pastikan semua peserta membahas hal-hal yang berkaitan dengan agenda terlebih dahulu. Jangan ragu memotong atau langsung cut bila pembicaraan raker mulai menyimpang dari agenda yang telah ditetapkan sebelumnya.

3. Materi yang up to date
Materi raker harus sesuai dengan kebutuhan sekolah dan membahas hal-hal yang terbaru mengenai perkembangan kurikulum.

4. Singkirkan Gadget
Minta peserta raker untuk menyingkirkan gadgetnya selama raker. Pasang nada getar atau diam untuk ponsel dan sepakati untuk tidak menerima panggilan selama raker, kecuali untuk hal yang benar-benar mendesak.

5.Pilih Narasumber Yang Kompeten
Pembicara yang sama dari tahun ke tahun,seringkali membosankan peserta raker.Pergantian narasumber selain menghilangkan kejenuhan juga mampu membawa kesegaran bagi peserta raker.Materi yang sama akan memiliki nuansa yang berbeda bila nara sumbernya berbeda. Masing-masing pembicara memiliki kelebihan yang khas.

6.Sisipkan Materi ICT

Abad 21 ini,penggunaan ICT,seperti : laptop sudah menjadi hal yang lumrah untuk alat pembelajaran di depan kelas. Menurut pengamatan di sekolah-sekolah,banyak bapak/ibu guru yang kemampuan ICT nya di bawah rata-rata.Penggunaan Ms. Office tidak maksimal,baik untuk membuat perangkat pembelajaran, bahan ajar maupun laporan penilaian.Internet hanya digunakan untuk Facebook dan lainya.

Demikian artikel tentang Tips Jitu Agar Raker Sekolah Berjalan Efektif !, dengan harapan semoga penyelenggaraan raker dapat berjalan efektif dan mengenai sasaran. Keberhasilan raker menjadi titik tolak peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Selamat ber”Raker” semoga sukses.

Tidak ada komentar