Operasi Dasar Pada Mouse

Operasi Dasar Pada Mouse - Bang Moody Dymaz

Mouse adalah piranti vital untuk mendukung sistem operasi komputer. Mouse termasuk kategori peralatan input yang bertugas memasukan perintah / memasukan data penting kedalam komputer.


Secara umum ada 2 (dua) model mouse yang dijual di pasaran. Yakni mouse yang terkoneksi dengan port COM 1 atau COM 2 dan mouse yang terkoneksi dengan PS2
Mouse jenis pertama adalah produk keluaran lama (model lama). Mouse jenis ini biasanya memiliki 3 tombol, yaitu : tombol kiri, kanan, dan tengah.

Sedangkan jenis mouse yang kedua, yaitu model PS2 hanya memiliki dua buah tombol, yaitu tombol sisi kiri dan kanan. Pada bagian tengah terdapat roda penggulung (scroll).
Beberapa istilah penting yang sering digunakan dalam pengoperasian mouse adalah sebagai berikut :

baca juga 8 Strategi Untuk Meningkatkan Traffic Blog

1.    Pointing
Pointing artinya menggerakkan pointer mouse ke target tertentu sesuai keinginan. Cara menggunakannya, cukup anda menggeser mouse ke arah yang diinginkan. Satu yang harus diingat, jangan mengangkat mouse pada saat posisi mouse sedang digeser, karena hal ini akan berpengaruh pada pergerakan pointer.


2.    Klik tombol kiri
Cara ini sangatlah mudah. Anda tinggal melakukan klik pada tombol sebelah kiri. Fungsi klik tombol kiri biasanya untuk melakukan eksekusi (memilih) objek dimana pointer berada.


posisi pada saat klik kiri






3.    Klik tombol kanan
Operasi ini adalah kebalikan dari klik tombol kiri. Caranya dengan mengklik tombol bagian kanan mouse. Fungsi dari klik kanan biasanya adalah untuk memunculkan menu popup atau menu shortcut.
Operasi ini bisa kita praktikkan contohnya pada Microsoft Word. Jika ditekan klik kanan akan muncul menu copy, paste, cut, font, paragraph, bullets, numbering, dll.


posisi pada saat klik kanan

4.    Drag
Operasi drag adalah klik dan tahan tombol kiri, kemudian geser mouse ke arah yang diinginkan. Saat posisi drag pada layar monitor akan tampak garis-garis halus yang melingkupi objek tertentu. Untuk menghilangkannya cukup lepaskan mouse (drop)


5.    Klik dua kali tombol kiri (Double klik)
Operasi ini biasanya dimanfaatkan untuk membuka program atau menjalankan aplikasi tertentu. Perlu diingat untuk melakukan double klik yang benar harus dilakukan dengan cepat.


Baca juga Trik Mudah Agar Postingan Blog Berada Disamping Iklan Adsense
6.    Scroll
Mouse jenis terbaru selalu dilengkapi dengan tombol scroll, tombol scroll ini berbentuk seperti roda yang berfungsi menggulung (keatas / kebawah) halaman pada layar monitor. Apabila mouse tidak dilengkapi dengan tombol scroll seperti pada touchpad laptop, kita tetap dapat menggulung halaman/layar dengan cara klik scroll bar yang biasa ada pada sebelah kanan suatu program.

Demikian sedikit informasi mengenai Operasi dasar mouse. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah mampir di blog sederhana ini.

Tidak ada komentar