Cara Mengatasi Touchscreen yang Rusak

Cara Mengatasi Touchscreen yang Rusak - Bang Moody Dymaz

Bagi pengguna handphone/smartphone dan mengunakan sistem layar sentuh (Touchscreen) mungkin pernah menemukan permasalahan teknis seperti tidak berfungsinya Touchscreen. Entah karena faktor jatuh, terjepit, tersiram cairan, dsb.

Permasalahan ini tentunya sangat mengganggu. Karena kerusakan pada bagian Touchscreen sudah barang tentu bisa menghambat proses kerja bagian-bagian yang lainnya. Bahkan smartphone totalitas tidak bisa difungsikan sama sekali.



Memperbaiki Touchscreen Smartphone sebenarnya bukanlah perkara yang mudah, karena letak kerusakan atau titik error tidak dapat dideteksi secara pasti. Namun ada beberapa cara yang bisa kita coba untuk mengatasi kerusakan Touchscreen.

Berikut cara-caranya : 

1. Bersihkan Layar Smartphone 
Cara pertama yaitu bersihkan layar smartphone anda dengan kain halus agar layar tidak tergores. Jangan lupa untuk menonaktifkan smartphone android anda, kemudian lepas baterai, dan selanjutnya melepas memori dan kartu SIM agar kapasitor motherboard tidak dapat mengkonsumsi energi.

Dengan membersihkan Touchscreen secara rutin dengan benar bisa menjaga kualitas Touchscreen.

 2. Cek Touchscreen 
Cara ke-2 periksa kondisi fisik Touchscreen smartphone anda. Apakah terdapat cacat, retak, atau pecah. Jika kondisi fisik Touchscreen tidak ada masalah maka langkah selanjutnya adalah :
Masuk ke menu “Setting” > lalu pilih “Display” > dan kemudian pilih “Kalibrasi“.
Jika tiba-tiba layar smartphone anda berubah menjadi kosong (blank putih), jangan panik, setelah proses selesai layarnya akan kembali normal.

Langkah selanjutnya anda klik layar untuk Kalibrasi dan ikiti petunjuk yang diminta sampai kalibrasi tersebut selesai.

3. Kembalikan ke Setelan Pabrik (Factory Reset) 
Cara yang ke-3 ini adalah cara "semi-final" setelah langkah-langkah sebelumnya masih belum membuahkan hasil. Namun perlu diperhatikan bahwa, data-data penting yang ada di smartphone anda harus di back up terlebih dahulu sebelum melakukan factory reset. Kenapa?, karena cara ini akan mengembalikan smartphone anda ke pengaturan awal dan menghilangkan semua data-data didalamnya.

Tombol untuk melakukan Factory Reset tiap merek ponsel kadang berbeda, namun umumnya menggunakan langkah-langkah seperti dibawah ini :

Volume Up + Home + Power 
Volume Down + Power 
Home + Power 

Kemudian Pilih Wipe Data atau Factory Reset dengan tombol Volume Down dan tekan home untuk memilih. kemudian pilih “yes Delete all user” hingga proses reset selesai.

Setelah booting selesai silakan periksa kembali kondisi Touchscreen hp anda.

4.  Ganti Touchscreen Baru
Ini bagian "final"nya. Setelah 3 cara diatas masih belum menampakan hasil berarti saatnya anda harus mengganti Touchscreen smartphone anda dengan yang baru.

Demikian artikel tentang Cara Mengatasi Touchscreen yang Rusak semoga bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya di gubuk kecil ini. Jika anda berkenan silahkan klik tombol like atau share

1 komentar

LOVELYZ TRILOGY mengatakan...

kereni ini min, makasih banyak sudah share
https://www.tokopedia.com/codyonline/etalase/solder-temperatur



CODY***GARANSI SELAMANYA***
+ HARGA DIJAMIN LEBIH MURAH +
+JASA SERVIS YG PASTI LEBIH CEPAT +