Tips dan Startegi Belanja Hemat dan Tepat

Tips dan Startegi Belanja Hemat dan Tepat - Blog Moody Dymaz
Sebelum kita berbicara mengenai tips dan strategi membelanjakan uang dengan hemat, ada baiknya kita merefleksikan sekilas tentang makna belanja itu sendiri.

Berbelanja bisa diartikan sebagai suatu kegiatan membeli keperluan-keperluan untuk tujuan dan maksud tertentu.
Dalam praktiknya, tidak semua orang mampu membelanjakakan uang dengan bijaksana dan proporsional. Ada kalanya mereka membelanjakan uang tanpa perhitungan yang matang dan cenderung tergesa-gesa. Akibatnya pengeluaran (budget) membengkak. 

Nah, karena manusia tidak bisa lepas dari tuntutan kebutuhan dalam hidupnya, maka berbelanja barang/jasa tidak bisa dihindari. Namun, substansinya adalah, apakah berbelanja itu sudah sesuai dengan skala prioritas atau tidak. Primer, sekunder, atau bahkan tertier. 

source : ikubaru93.blogspot.com

 Pada kesempatan kali ini admin akan mencoba berbagi tips dan strategi yang sederhana untuk bisa menghemat pengeluaran. Setidaknya tips-tips berikut bisa memperkecil kemungkinan terjadinya pengeluaran yang kurang tepat dengan skala kebutuhan.  
 
A.    Cek kondisi keuangan
Bagi anda yang mempunyai dana lebih faktor ini mungkin tidak menjadi persoalan yang begitu krusial. Karena teori sederhananya, besaran uang yang diperlukan akan mengikuti apa yang akan dibeli.


Tetapi sebaliknya, bagi keluarga yang kondisi finansialnya terbatas, sangat diperlukan rasio yang matang sebelum berbelanja. Coba cek dahulu kekuatan finansial yang tersedia dibandingkan dengan kebutuhan yang primer dan mendesak. Setelah rasionalisasi antara keuangan dan kebutuhan sudah ideal maka inilah yang dinamakan dengan “uang belanja”

B.    Rencanakan barang apa yang hendak dibeli
Setelah anda menyusun piramida kebutuhan sesuai dengan porsinya, silahkan kalkulasikan antara rencana barang/jasa yang akan dibeli dengan detail harganya. Buat catatan pendek yang berisi rincian barang berikut harganya. Kelihatannya sepele, namun cara ini terbukti efektif untuk meredam ledakan belanja diluar anggaran.

C.    Sesuaikan waktu yang tepat untuk berbelanja
Penyesuaian waktu berbelanja disini dimaksudkan bahwa kita bisa membeli barang-barang kebutuhan dengan waktu yang tepat. Misalnya, berbelanja di waktu pagi lebih efektif daripada siang hari. Pertimbangannya pada waktu pagi hari barang-barang yang dijual relatif masih fresh (khususnya berbelanja sayur-sayuran atau bahan baku dapur). Disamping itu persediaannya masih memadai. 

Namun kelemahan pada bagian ini adalah, terkadang penjual masih menjajakan barang dagangannya dengan harga yang tinggi, karena pedagang berasumsi masih ada peluang untuk menjual barang dengan harga yang tinggi sepanjang konsumen di pasaran masih banyak. 

Disisi yang lain waktu berbelanja pada moment-moment promo/diskon juga sangat penting untuk kita manfaatkan. Disamping harganya relatif lebih murah, kualitas barangpun juga sama dengan situasi non promo/diskon.

D.    Tempat berbelanja
Ada baiknya kita mengetahui tempat berbelanja yang lengkap, murah, dan dengan jarak tempuh yang dekat dengan tempat tinggal. Hal ini dimaksudkan untuk bisa menekan anggaran transportasi dan efektifitas waktu.

E.    Pengetahuan tentang barang yang akan dibeli
Pengetahuan tentang barang yang akan dibeli mutlak kita perlukan. Jangan sampai kita mudah diperdaya oleh oknum-oknum pedagang “nakal” yang menawarkan barang dagangan dengan kualitas nomor 2 namun dengan harga sama dengan kualitas nomor 1. 

Demikian sedikit coretan admin tentang Tips dan Startegi Belanja Hemat dan Tepat.

Semoga bermanfaat dan silahkan pembaca melihat-lihat artikel lainnya di blog sederhana ini. Jika ada point-point yang kurang sudilah kiranya untuk menambahkannya di kolom komentar.

Terima kasih atas kunjungannya.



Tidak ada komentar