8 Strategi Untuk Meningkatkan Traffic Blog



8 Strategi Untuk Meningkatkan Traffic Blog - Assalamu’alaikum dan Selamat Berjumpa lagi sobat blog Bang Moody....Semoga sobat-sobat dalam keadaan sehat.

Kali ini Bang Moody akan sedikit berbagi tips dan informasi mengenai beberapa hal yang berkaitan dengan Strategi Untuk Meningkatkan Traffic Blog.

Cerita dulu ya?.....

Perlu diketahui bahwa dewasa ini pengguna blog (blogger) atau web (webmaster) sudah semakin banyak. Ibarat kata, seperti jamur dimusim penghujan. Mereka berlomba-lomba untuk berkreativitas dalam mengelola blog dengan konten-konten yang menarik dan aktual, fitur-fitur yang elegan, responsive, dan sebagainya. 

Salah satu faktor yang sangat mendukung perjalanan sebuah blog hingga mencapai titik kesuksesan adalah peningkatan lalu lintas visitor (Traffic Blog). Karena tidak bisa dipungkiri, dengan blog yang menarik dan banyak dikunjungi oleh visitor, besar kemungkinan blogger tersebut akan mendapatkan profit yang sangat menjanjikan, yapz Dollar!!....blog yang sudah mapan dan memiliki rating tinggi dan iklan yang mampu menarik visitor untuk melakukan klik, otomatis memiliki peluang untuk mendapat apresiasi dari Google Adsense, sebuah program populer yang dimiiki Google. 

source : www.google.com

Seperti kita maklumi bersama bahwa sangat mudah untuk membangun sebuah blog, tetapi sulit untuk membangun sebuah blog yang sukses dengan lalu lintas yang signifikan. Berikut sekelumit tips yang mudah-mudahan bisa membantu untuk bisa meningkatkan Traffic Blog sobat :

1. Targetkan konten blog sobat untuk Pemirsa yang memiliki peluang besar untuk berbagi (share)
Ketika pertama kali sobat membuat blog, langkah pertama mungkin yang harus dipertimbangkan adalah bagaimana menentukan tema atau topik  yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Informasi apa yang sedang banyak diburu oleh masyarakat?, atau kajian-kajian apa yang sedang banyak dicari pemirsa, dan lain sebagainya. Nah, ketika konten blog yang kita kelola sesuai dan mampu menarik animo visitor, maka peluang untuk membagi konten atau postingan artikel akan semakin besar. Ini artinya artikel yang sudah sobat buat semakin luas tersebar. Dengan catatan, berikan aturan main kepada visitor untuk menyertakan link sumber jika melakukan rewrite

  1. Integrasikan blog dengan jejaring sosial

Jika sobat memiliki akun media sosial tidak ada salahnya mengintegrasikan halaman penggemar (fanspage) di halaman muka blog. Dalam perjalanannya keberadaan fanspage ikut berkontribusi dalam meningkatkan jumlah visitor. Hal ini disebabkan ketertarikan visitor untuk sering mengunjungi atau bahkan berlangganan artikel dari sobat-sobat. ini menarik sejumlah besar waktu dan minat dari pengguna internet di seluruh dunia, dan orang-orang yang berpartisipasi pada layanan ini masuk ke dalam "distributor konten", berarti mereka cenderung untuk membantu menyebarkan berita tentang blog sobat.


  1. Berpartisipasi dalam komunitas/forum dimana pemirsa berkumpul untuk berdiksusi

Biasanya, para blogger yang aktif akan sering berkumpul dan berdiskusi melalui komunitas atau forum yang membahas mengenai topik-topik yang sedang hangat. Disinilah kesempatan sobat untuk memperkenalkan blog dengan promosi konten yang menarik. Ketika semakin banyak jaringan, maka saatnya pula sobat “bermain” disitu.


  1. Membuat Blog Sobat Konten SEO-Friendly

Buatlah blog dan konten sobat yabg SEO-Friendly. Hal ini sangat membantu untuk menarik antusiasme dan mempermudah visitor melakukan akses ke blog sobat. Sehingga akan semakin meningkatkan arus lalu lintas penunjung.


  1. Tambahkan Graphics, Foto dan Ilustrasi (dengan lisensi back-link)

Jika sobat seseorang yang mempunyai keahlian dalam dunia grafis, mengambil foto, ilustrasi atau bahkan hanya membuat corat-coret lucu di MC Paint, Sobat harus memanfaatkan bakat yang sobat miliki tersebut untuk mempercantik blog. Dengan meng-upload dan hosting gambar (atau menggunakan layanan pihak ketiga seperti Flickr atau Niice untuk menyematkan gambar sobat dengan persyaratan perizinan di situs tersebut), Sobat membuat sumber lain lalu lintas untuk diri sendiri melalui Image Search, dan  secara besar-besaran meningkatkan keterlibatan dan kenyamanan visitor.


  1. Melakukan Riset Kata Kunci

Tidak mengherankan, sebagian besar yang muncul di mesin pencari cenderung menargetkan istilah dan frase yang benar-benar sangat dicari oleh pemirsa. Sulit untuk mengetahui apa kata-kata ini akan kecuali sobat melakukan penelitian, dan untungnya, ada alat gratis dari Google untuk membantu disebut Planner AdWords Keyword.


  1. Mencantumkan referensi tulisan sendiri atau orang lain

Web tidak dibuat hanya untuk konten statis! Pembaca menghargai link, seperti yang dilakukan blogger lain, pemilik situs, dan bahkan mesin pencari. Ketika sobat mencantumkan referensi materi sobat sendiri atau mencantumkan referensi dari orang lain dalam konteks dan dengan cara yang tidak manipulatif, maka hal ini sangat membantu meningkatkan kepercayaan visitor. Bahwa blog sobat benar-benar blog yang bebas dari unsur plagiasi.


  1. Blog tamu (blog menerima postingan orang Lain)

Ketika sobat pertama kali memulai hal yang satu ini, bisa jadi sangat sulit untuk meyakinkan blogger lain untuk menyumbangkan ide-ide mereka dalam blog sobat. Karena mereka sendiripun sibuk dengan ide-ide yang harus dituangkan di blog masing-masing. Namun, bukan berarti tidak ada sama sekali. Sobat bisa melakukan tindakan persuasif untuk mengajak mereka berpartisipasi. Hal ini sangat membantu juga untuk meningkatkan hubungan pertemanan yang erat antara sesama blogger. 

Demikain artikel tentang 8 Strategi Untuk Meningkatkan Traffic Blog, semoga bermanfaat. Jika ada yang perlu didiskusikan silahkan tinggalkan komentar atau koreksi. Jika artikel diatas bermanfaat silahkan klik like atau share.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.


Tidak ada komentar