Biaya Internet Murah?, Ini Dia Triknya!

Trik dan Tips Murah Dalam Berinternet - Maraknya para pengguna internet di seluruh belahan dunia dan semakin kompleksnya tuntutan dunia pekerjaan dewasa ini, membuat sebagian besar masyarakat cenderung menggantungkan tugas-tugas dan pekerjaan dengan teknologi internet. Tak pelak, kebutuhan masyarakat akan internet semakin tinggi. Bahkan penggunanya tidak terbatas para pekerja yang notabene sangat mengandalkan dunia digital sebagai media yang efektif untuk membantu dalam hal informasi dan komunikasi dunia kerja. Pengguna internet semakin menjangkau ke kalangan bawah (usia anak-anak dan remaja). 

Seiring kebutuhan akan internet merangkak naik, maka anggaran untuk biaya penggunaan internet pun semakin tinggi. Walaupun tidak sedikit provider yang menawarkan program-program menarik dan memanjakan para konsumennya dengan tarif internet yang super murah, bonus, program berhadiah, dan sebagainya, namun tetap saja sebagai pengguna yang bijak, tidak ada salahnya jika kita harus lebih cermat dan teliti ketika memanfaatkan koneksi internet dari pihak kedua.

Berikut ini Bang Moody akan membagikan sedikit tips dan trik kepada sobat-sobat tentang bagaimana mengantisipasi membengkaknya biaya selama melakukan aktifitas internet, dengan beberapa alternatif berikut: 

source : dotsemarang.blogspot.com
1. Sistem Pembayaran Berdasarkan Waktu
Dengan sistem ini, tarif internet umumnya dihitung permenit pemakaian/koneksi. Umumnya koneksi dial-up atau internet via handphone menggunakan tarif berdasarkan waktu ini. Pengguna internet time based harus benar-benar memanfaatkan waktu dengan baik. Karena dalam hal ini waktu adalah uang. Bagi yang sering browsing, cara efektif mengoptimalkan time based adalah dengan men-save halaman-halaman web yang anda buka kedalam hardisk/atau flashdisk, lalu halaman tersebut dibaca ketika dalam kondisi offline.

2. Sistem Pembayaran per Volume (Volume Based)
Volume based menghitung biaya berdasarkan jumlah data yang diakses. Berdasarkan data dihitung per kilobyte. Dengan sistem ini sobat bisa dengan tenang menggunakan internet tanpa diburu waktu. Meskipun demikian, jika anda banyak mendownload, atau mengakses situs-situs yang memiliki halaman dengan jumlah data yang besar, maka kilobyte sobat akan cepat terkuras. Volume based bagus digunakan untuk sobat yang tidak banyak browsing, serta lebih hemat digunakan untuk chatting.

3. Sistem Flat
Dengan sistem ini sobat dapat menggunakan internet secara bebas, tanpa dipusingkan waktu atau volume. Karena berapa lama pun koneksi sobat atau besarnya data yang sobat akes, tarifnya tetap, misalnya perbulan Rp 700.000. Sekarang sistem ini sangat populer, terutama bagi sobat yang banyak menggunakan internet untuk berbisnis atau melakukan kegiatan lain. Tapi perlu juga diperhatikan, sistem ini biasanya diterapkan oleh ISP-ISP dengan sebuah perbandingan koneksi yang berbeda-beda. Misalnya koneksi dari ISP adalah 256 kbps dengan rasio 1 : 10, maka sobat harus berbagi dan berebut koneksi tersebut dengan 10 orang.

Demikian sedikit tips tentang Biaya Internet Murah?, Ini Dia Triknya!.
Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel edisi selanjutnya


Tidak ada komentar