10 Daftar Destinasi Wisata Menarik di Indramayu

10 Daftar Destinasi Wisata Menarik di Indramayu - Bang Moody Dymaz

Menjelang datangnya musim liburan panjang, baik libur sekolah atau libur kerja, biasanya  kita sudah merencanakannya dengan aneka kegiatan yang seru untuk mengisi waktu liburan nanti. Berbagai agenda kegiatan pun dikemas sebaik mungkin. Misalnya kegiatan out bond dengan keluarga atau rekan-rekan kerja, piknik, berkemah, mengunjungi keluarga di luar kota, mendesain interior atau eksterior rumah, memanjakan buah hati di rumah, sampai rencana mengunjungi obyek-obyek wisata terkenal.

Rasanya sangat merugi, ketika waktu liburan yang cukup lama terlewatkan begitu saja tanpa kegiatan yang menyenangkan bersama orang-orang terdekat.

Salah satu kegiatan untuk mengisi liburan adalah dengan mengunjungi obyek-obyek wisata terkenal. Tujuan dari kegiatan ini tak lain untuk merelaksasikan otak dan fikiran kita setelah sekian lama bergelut dengan aktifitas formal.

Mungkin sobat bisa mulai melirik destinasi-destinasi wisata domestik yang tidak kalah menariknya dengan obyek-obyek wisata manca negara. Disamping lebih meminimalisir pengeluaran, faktor jarak dan waktu juga menjadi pertimbangan tersendiri.

Nah, kali ini admin Bang Moody Dymaz sedikit berbagi informasi seputar nama-nama destinasi wisata yang ada di Kabupaten Indramayu. Salah satu wilayah yang ada di jalur pantura (pantai utara) provinsi Jawa Barat. Karena kebetulan admin sendiri berdomisili di wilayah tersebut.
Yuk kita cek satu persatu!

1. Pantai Tirtamaya
Pantai Tirtamaya adalah salah satu pantai terkenal yang berada di Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat, lokasi pantai ini berada di Kecamatan Juntinyuat. Akses transportasi untuk menuju pantai ini pun terbilang sangat mudah. Kita bisa menggunakan mobil, motor, cator (becak motor) dan kendaraan lainnya, untuk biaya tiket masuk Pantai Tirtamaya berkisar antara 10.000 – 15.000/kepala, belum termasuk tiket wahana-wahana di dalamnya.

salah satu spot didekat pintu masuk obyek wisata  Pantai Tirtamaya

salah satu wahana perahu mini Pantai Tirtamaya

2. Pantai Glayem
Pantai Glayem berlokasi di Kecamatan Juntinyuat. Sekitar 15 km dari pusat kota Indramayu atau sekitar 25 menit jika ditempuh dengan kendaraan bermotor. Pantai ini masih satu garis dengan Pantai Tirtamaya. Konon, dulunya pantai ini adalah pelabuhan yang biasa disinggahi oleh nelayan-nelayan lokal. Bahkan ada mitologi unik yang berkembang di masyarakat hingga sekarang. Menurut kepercayaan nelayan setempat jika mereka membawa ikan hasil tangkapan kemudian mampir di pelabuhan ini untuk menjual ikan tangkapan tersebut maka biasanya akan langsung laris manis di serbu pembeli.  Menurut informasi obyek wisata pantai Glayem ini mulai dibuka pada tahun 2004. Untuk tiket masuknya pengunjung hanya dikenai biaya parkir kendaraan sekitar 1.000 - 2.000 untuk roda dua, dan 5.000 untuk roda empat.

berfoto dengan latar belakang kesibukan nelayan di Pantai Glayem


3. Pulau Biawak
Destinasi wisata selanjutnya adalah Pulau Biawak. Secara administratif, Pulau Biawak masuk ke dalam wilayah Desa Pabean Ilir, Kabupaten Indramayu. Pulau ini masih satu garis dengan Laut Jawa, sekitar 40 kilometer sebelah utara Indramayu. Lusanya sekitar 120 ha.
Selain keindahan pemandangannya, Pulau Biawak juga sarat dengan cerita-cerita mistis yang
berkembang di masyarakat.

pintu masuk Pulau Biawak (source : kota-mangga.blogspot.com)


source : indoexland.blogspot.com


4. Hutan Mangrove Karangsong
Salah satu daya tarik dari obyek wisata yang satu ini adalah kita bisa berjalan-jalan menyusuri hutan mangrove (bakau) yang sangat mempesona. Ditambah ketika masuk waktu sore dan matahari terbenam. Untuk mencapai hutan ini pengunjung bisa memanfaatkan fasilitas jembatan kayu yang menuju ke lokasi. Jembatan ini memang bagian dari sarana prasarana yang disediakan oleh pengelola. Ketika masuk di depan pintu masuk pengunjung akan disambut dengan tulisan besar “Selamat Datang di Track Ekowisata Mangrove Karangsong,” Obyek Hutan Mangrove resmi dibuka pada 14 Juni 2015.  Berlokasi di Desa Karangsong, Kabupaten Indramayu.

Hutan Mangrove (Source: kancapos.com)

5. Pantai Karangsong
Pantai ini masih satu area dengan Hutan Mangrove Karangsong. Jadi, ketika mengunjungi Pantai Karangsong biasanya mereka juga tidak lupa mengunjungi Hutan Mangrove Karangsong.

source : infoindramayu.com


6. Pantai Eretan
Pantai ini terkenal dengan tempat tongkrongan dan ikan bakarnya. Sembari menikmati pesona pantai yang indah ketika matahari terbenam pengunjung bisa memancing, berkumpul bersama keluarga sambil menikmati sajian ikan bakar hangat yang langsung dimasak di tempat. Pantai ini terletak di Desa Kandanghaur.

source : imuttaqien.blogspot.com


7. Situ Bolang
Situ Bolang atau masyarakat setempat menyebutnya Rawa Bolang terletak di Desa Jatisura Kecamatan Cikedung. Ditempat ini pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan alam danau, waduk, dan gubuk-gubuk kecil sejenis sawung untuk tempat berkumpul pengunjung. Selain itu pengunjung juga bisa menikmati sajian ikan bakar.

source : tosupedia.com


8. Situs Buyut Banjar
Situs ini terletak di Desa Bulak Kecamatan Jatibarang. Selain terdapat situs makam Buyut Banjar, ditempat ini terdapat cerita mistis yang berkembang di masyarakat sekitar yaitu sejarah keberadaan monyet-monyet yang berada di sekitar lokasi. Konon gerombolan monyet-monyet yang ada hingga sekarang ini adalah penjelmaan dari 14 prajurit Kerajaan Kendal yang dikutuk oleh Pangeran Suryanegara menjadi monyet.

source : klikhotel.com


9. Waterboom Bojongsari 
Wahana yang ditawarkan oleh obyek wisata yang satu ini adalah waterboom, kolam renang, air tumpah, live music, dan fasilitas-fasilitas lainnya. Lokasinya terletak di Desa Bojong. Harga tiket masuk kisaran 15.000 – 20.000 per kepala.


salah satu spot menarik di Waterboom Bojongsari

berfoto bersama badut lucu

10. Taman Cimanuk
Taman Cimanuk berada di pusat kota Indramayu. Masuk wilayah Kecamatan Sindang. Disini pengunjung dapat menikmati suasana sungai yang airnya tenang, warung-warung kuliner khas Indramayu yang berjejer di sepanjang tepi sungai ditambah dengan desain taman kota yang begitu apik. Biasanya pengunjung di tempat ini rata-rata adalah anak-anak muda dan orang dewasa bersama anggota keluargany untuk sekedar berkumpul sambil menikmati jajanan kuliner khas Indramayu.

source : liburanpanjang.com


Tidak ada komentar