Tips / Cara Ampuh Mendapatkan Banyak Klik Iklan Pada Blog

11 Tips / Cara Ampuh Mendapatkan Banyak Klik Iklan Pada Blog

flite.com

Dalam dunia blogging yang berorientasi pada penghasilan (profit oriented) maka sudah tidak asing dengan istilah CTR. CTR adalah kependekan dari Click Trhrough Rate. Yaitu perbandingan rasio jumlah klik iklan dengan page views.

wordtracker.com
Semakin banyak iklan yang diklik oleh pengunjung maka pundi-pundi dolar akan terus mengalir.
Tentunya, untuk mendapatkan klik iklan yang valid (valid click) dibutuhkan beberapa teknik dan trik khusus yang harus dipahami oleh seorang blogger.

Berikut admin Bang Moody Dymaz merangkumnya dalam 11 tips ampuh mendapatkan banyak klik iklan blog

1. Konten / materi artikel harus fresh dan original
Yang dimaksud dengan konten yang fresh adalah konten yang berisi hal-hal terbaru (update) seputar kejadian atau peristiwa di sekitar kita. Karena konten seperti inilah yang paling banyak dicari oleh pengunjung (visitor). Sedangkan konten original maksudnya konten yang kita buat harus benar-benar asli buatan sendiri bukan hasil copas (copy paste) dari artikel orang lain.

Perlu dipahami, tindakan copas atau plagiat tidak hanya melanggar peraturan dan kebijakan Google tapi juga sama dengan mencuri kekayaan intelektual orang lain. Tentunya sikap seperti ini sangat tidak bersahabat.

Untuk memulai membuat artikel yang fresh dan ter-update anda bisa menyimak dulu berita-berita terkini yang banyak dimuat di media-media cetak dan elektronik.

2.Konten yang paling banyak dicari
Membuat postingan artikel yang topiknya “biasa-biasa” saja tentunya memberi dampak yang kurang bagus bagi perkembangan grafik visitor. Buatlah postingan artikel yang benar-benar dicari dan dibutuhkan oleh visitor. Sekedar informasi, biasanya konten artikel yang paling banyak dicari adalah seputar tips dan tutorial.

3.Buat judul yang seunik mungkin
Buatlah judul seunik dan semenarik mungkin. Sekiranya visitor terpancing untuk membuka artikel anda. Judul yang unik dan menarik akan memberikan kesan awal yang baik sehingga visitor akan penasaran untuk masuk ke blog anda.

4. Materi posting bersifat jangka panjang bukan musiman
Maksudnya postingan artikel yang anda buat akan terus dibutuhkan dalam jangka waktu yang lama dan tidak bersifat sementara (musiman). Misalnya anda membuat artikel yang berjudul 6 Cara Cepat Menguasai Bahasa Inggris Tanpa Les/Kursus

5. Visitor (pengunjung)
Jangan lupa, rasio jumlah klik iklan juga bisa dipengaruhi oleh jumlah visitor yang masuk ke blog kita. Semakin banyak visitor yang berkunjung maka peluang untuk klik iklan juga semakin besar. Cara ini bisa dimulai dengan mendesain blog dengan template yang menarik, fitur-fitur yang lengkap, materi artikel yang populer, menautkan backlink, dan sebagainya.

6. Posisi Iklan mudah terlihat
Aturlah posisi iklan agar mudah dilihat oleh visitor. Bisa juga anda siasati dengan membuat iklan dengan size, warna, dan penampilan yang sesuai dengan konten artikel. Perlu dicatat, jangan membuat iklan yang mengganggu kenyamanan visitor ketika mereka sedang asik membaca artikel anda. Sekedar info, penempatan iklan adsense yang populer digunakan adalah dibawah judul postingan, samping postingan (kiri atau kanan), tengah postingan, akhir postingan, atau disamping header.

7. Jangan terlalu banyak widget
Memasang widget dalam blog memang diperbolehkan. Tujuannya agar bliog kelihatan lebih menarik dan atraktif. Namun, penggunaan widget yang berlebihan juga bisa berdampak kurang baik, misalnya proses loading menjadi berat dan lambat. Hal ini tentu akan membuat visitor anda malas untuk menunggu dan langsung keluar dari halaman blog anda.


8. Jangan memasang terlalu banyak iklan
Iklan yang terlalu banyak bisa membuat fokus pengunjung anda terpecah dan kebingungan. Alih-alih ingin membuka artikel mereka menjadi terganggu dengan rentetan iklan yang terlalu banyak dan bertumpuk disana sini. Jadi, pasanglah iklan sewajar dan seproporsional mungkin. Misalnya anda memasang iklan sebanyak 2 atai 3 saja.

9.Pasang iklan melayang
Ini adalah tips yang paling ampuh untuk meningkatkan grafik klik iklan pada blog anda. Tapi ingat, sebelum anda memasang iklan jenis ini pastikan tidak bertentangan dengan kebijakan (privacy & policy) yang sudah ditentukan oleh pihak Google. Hal ini untuk menghindari banned.

10. Buat kolom komentar pengunjung di bawah postingan
Cara ini kelihatan sederhana, namun bisa berpotensi menambah jumlah pengunjung dan jumlah klik iklan. Ketika pengunjung artikel mengomentari artikel anda dan anda meresponnya dengan suasana yang hangat dan bersahabat maka kemungkinan besar mereka akan berkunjung kembali dan mengklik iklan sebagai bentuk ucapan terima kasih.

11. Bagikan link artikel ke media sosial
Tips selanjutnya adalah, anda membagikan link artikel di blog anda ke beberapa media sosial yang banyak dikunjungi oleh pemirsa.

Demikian artikel tentang 11 Tips / Cara Ampuh Mendapatkan Banyak Klik Iklan Pada Blog

Semoga bermanfaat.

Salam.

Tidak ada komentar