Ini Dia 25 Daftar Lomba-Lomba Unik Peringatan HUT RI

Ini Dia 25 Daftar Lomba-Lomba Unik Peringatan HUT RI - Bang Moody Dymaz

Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-72 banyak warga masyarakat yang mempersiapkan lingkungan tempat tinggalnya untuk diisi dengan  berbagai macam kegiatan yang menarik. Salah satunya adalah mengadakan kegiatan lomba. Baik di tingkat RT/RW, Kecamatan, bahkan sampai tingkat nasional. Tentunya kegiatan yang diadakan seyogyanya mencerminkan kebanggaan dan rasa syukur atas anugerah kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan bangsa.

Kegiatan lomba apapun jenisnya merepresentasikan kecintaan terhadap tanah air. Memberikan pelajaran yang bermakna bagi generasi penerus bangsa.

Berikut ini admin Bang Moody Dymaz merangkum beberapa daftar lomba unik yang biasa digelar pada peringatan HUT RI yang dihelat setiap satu tahun sekali. Dengan harapan semoga semakin menumbuhkan semangat nasionalisme bagi generasi muda kita.

1. Lomba balap karung
Lomba ini memadukan unsur kekuatan, kecekatan, dan ketenangan sekaligus. Peserta harus memasukkan kaki ke atas sampai bagian dadanya kedalam karung. Kemudian berlari dalam jarang beberapa meter dan biasanya dilakukan satu kali putaran atau lebih tergantung tingkat kompetisi. Jika peserta mampu berlari dengan cepat dan tidak jatuh sampai garis finish maka dialah juaranya.

ilustrasi : wow.tribunnews.com


2. Lomba balap kelereng
Peserta menggigit sendok yang sudah diisi kelereng kemudian berjalan pelan menuju garis finish. Kelereng tidak boleh jatuh di tengah jalan. Jika jatuh maka dianggap gagal.

ilustrasi : bengkuluekspress.com


3. Lomba makan kerupuk
Kerupuk dikaitkan pada seutas tali/tambang yang melintang. Kemudian seluruh peserta berbaris menghadap kerupuk dengan tangan dilipat kebelakang alias tidak boleh memegang kerupuk. Peserta yang mampu menghabiskan kerupuk tanpa memegangnya, dan tidak sampai kerupuknya jatuh maka dialah yang menjadi juaranya.

ilustasi : nuansakomunikasi.blogspot.com


4. Lomba panjat pinang
Lomba jenis ini bersifat kelompok. Memadukan kekompakan, persatuan, dan gotong royong antar satu anggota tim dengan anggota lainnya. Mereka harus bahu membahu menuju ke atas tiang (biasanya terbuat dari bambu yang sudah diolesi pelumas/stempet. Diujung tiang sudah disediakan macam-macam hadiah.

ilustrasi : telegraph.co.uk


5. Lomba memasukkan benang ke dalam jarum
Peserta harus memasukkan benang kedalam jarum. Pemenangnya adalah yang mampu memasukkan benang kedalam jarum secepat mungkin.

ilustrasi : smabhayangkari1medan.sch.id


6. Lomba memasukkan paku kedalam botol
Ini juga termasuk lomba yang bersifat kelompok (team work), atau juga bisa perorangan. Masing-masing anggota kelompok diikat pada bagian pinggulnya dengan seutas tali yang bagian tengahnya diikat dengan paku. Peserta harus kompak memasukkan paku kedalam botol yang ada di tengah lingkaran. Pelajaran dari lomba ini adalah melatih kekompakan dan menyatukan konsentrasi kolektif.


                                                                          ilustrasi : campusnesia.co.id

7. Lomba tarik tambang
Dilakukan antar kelompok. Dua kelompok masing-masing memegang tambang dan saling menarik dengan kuat. Jika kelompok lawan berhasil ditarik dan sudah melewati garis pembatas maka kelompok tersebut dianggap kalah.

ilustrasi: banglikab.go.id


8. Lomba make up
Lomba ini biasanya diikuti oleh ibu-ibu atau anak muda. Teknis lomba ini peserta harus ditutup matanya dan merias rekan didepannya dengan make up. Biasanya poin penilaian dari lomba ini adalah bagaimana peserta bisa merias rekannya dengan mata tertutup.

ilustrasi : rasakan.com


9. Lomba Bakyak
Papan bakyak yang sudah diset harus dipakai oleh peserta kelompok sambil berjalan menuju garis finish. Jumlah peserta biasanya antara 3 -5 orang tergantung ukuran bakyak (biasanya panjang sekitar 1.5 meter.

ilustrasi : katarik.com


10. Lomba pidato kepahlawanan
Seperti lomba-lomba pidato lainnya. Bedanya, tema yang diusung pada pidato ini adalah tema kepahlawanan.

11. Lomba menangkap belut
Peserta wajib menangkap belut dengan tangan kosong. Siapa yang cepat menangkap dialah juaranya.

ilustrasi : upj.ac.id


12. Lomba memindahkan air kedalam ember
Peserta harus berjalan sambil menggigit gelas kecil atau centong (semacam sunduk sayuran). Kemudian mengambil air dari ember yang ada di garis permulaan dan menuangkannya kedalam ember diseberang. Semakin banyak yang sobat masukkan akan semakin baik.

13. Lomba joged balon
Dua orang menjadi satu tim, balon dijepit dengan dahi. Usahakan balon tidak boleh pecah atau jatuh. Agar lebih seru bisa juga diringi dengan musik-musik yang menggugah semangat.

ilustrasi : plus.kapanlagi.com


14. Lomba gigit koin
Peserta harus mengambil uang koin yang sudah diselipkan di buah pepaya. Tangan tidak boleh memegangi koin atau pepayanya. Jadi, yang bermain adalah gigi dan lidah. Untuk memeriahkan, biasanya buah pepaya diolesi dengan oli bekas atau stempet.

ilustrasi : bubunoman.blogspot.com


15. Lomba karaoke
Peserta bernyanyi lagu-lagu bebas. Bisanya poin penilaian dari lomba ini adalah kualitas suara, sinkronisasi antara suara dengan musik, dsb.

16. Lomba balap sarung
Secara berkelompok peserta harus memasukkan sarung secara bergiliran. Biasanya peserta lomba ini berjumlah 3 orang.

17. Lomba cerdas cermat
Lomba ini bersifat edukatif karena sasarannya adalah peserta yang kreatif dan memiliki potensi wawasan yang cukup.

18. Lomba batok kelapa
Batok kelapa dibelah menjadi 2 bagian. Bagian yang cembung menjadi landasan kaki peserta. Batok tadi dilubangi sebagai tempat tali yang akan dijadikan pegangan oleh peserta. Lomba ini mirip dengan lomba bakyak. Bedanya pada tool yang digunakan dan jumlah pesertanya.

19. Lomba menyuap pisang
Sama dengan lomba make up, lomba makan pisang harus dilakukan oleh dua orang. Yangs satu menyuapi pisang dengan mata tertutup, sementara yang lainnya siap-siap untuk disuapi. Siapa yang bisa menyuapi pisang tepat pada mulut rekannya dan tidak ada yang terbuang sia-sia maka dialah pemenangnya.

20. Lomba futsal sarung
Sama dengan pertandingan futsal pada umumnya, hanya bedanya peserta wajib memakai sarung pada saat pertandingan.

21. Lomba sepak bola banci
Sama juga dengan sepak bola pada umumnya, bedanya yang ini dimainkan oleh sekumpulan banci-banci genit.

22. Lomba hafalan surat-surat pendek Al Qur’an
Sasaran dari lomba ini biasanya adalah anak-anak usia SD. Peserta harus menghapalkan surat-             surat pendek yang terdapat dalam Al Qur’an. Semakin banyak surat yang dikuasai dengan                   penggunaan tajwid yang benar maka dialah juaranya.


23. Lomba pukul kendi
Peserta harus ditutup matanya dan memukul kendi dari jarak yang sudah ditentukan. Syaratnya kendi harus dipukul langsung dan tidak boleh diraba dengan pentungan. Jika diraba berarti gagal/diskualifikasi.

ilustrasi : curvetube.com


24. Lomba Egrang / Jangkungan
Untuk dapat menjadi juara dalam lomba ini peserta harus berjalan dengan kaki bertumpu pada jangkungan, semacam 2 bambu panjang yang didesain khusus dengan pijakan kaki pada bagian tengahnya. Selama berjalan menuju garis finish tidak boleh jatuh.

ilustrasi : youtube.com


25. Pukul Bantal
Setiap peserta harus mampu memukul jatuh lawannya dengan bantal. Tempat permainannya di atas sungai/kolam dengan bantuan bambu/kayu panjang sebagai tumpuan duduk.

ilustrasi : kangudon.my.id


Nah, demikian 25 Daftar Lomba-Lomba Unik Peringatan HUT RI yang saya rangkum dari berbagai sumber.

Sobat mau menambahi, silahkan tinggalkan di kolom komentar

Semoga bermanfaat. Dirgahayu RI. Jayalah selalu bangsaku..!!



Tidak ada komentar