Strategi Jitu Lulus SBMPTN 2017

Strategi Jitu Lulus SBMPTN 2017 - Bang Moody Dymaz

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) adalah jembatan emas untuk mewujudkan impian banyak pelajar yang berencana melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi favorit berstatus negeri. Tak bisa dipungkiri, menjadi mahasiswa yang berprestasi dan bisa studi di perguruan tinggi negeri adalah sebuah gengsi tersendiri.




Selamat bagi adik-adik yang sudah diterima di perguruan tinggi negeri melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Dan yang masih belum diberi kesempatan jangan sedih dan berkecil hati. Karena masih banyak jalan alternatif menuju kesana. Salah satunya adalah melalui jalur SBMPTN yang biasanya dibuka setelah proses SNMPTN selesai.

Sekedar informasi perbedaan seleksi jalur SNMPTN dengan SBMPTN terletak pada pola seleksinya. Jika SNMPTN dilakukan dengan jalur undangan dengan mempertimbangkan bobot prestasi akademik selama siswa yang bersangkutan sekolah, sedangkan SBMPTN dilakukan dengan model ujian tulis bersama dan dilakukan secara serentas berskala nasional.

Jika adik-adik serius untuk meneruskan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, maka mulailah dengan komitmen kuat untuk menaklukkan tantangannya. Serius dalam artian berusaha benar-benar menjalani segala prosesnya dengan baik dan disiplin.

Berikut admin Bang Moody Dymaz informasikan mengenai tips-tips atau strategi jitu agar lulus SBMPTN

1. Giat belajar (study hard). 

Untuk membantu proses ini adik-adik bisa melakukannya secara mandiri atau bisa dengan bergabung di Lembaga Bimbingan Belajar. Biasanya Lembaga Bimbingan Belajarpun sudah menyediakan fasilitas program lulus SNMPTN/SBMPTN dengan strategi dan teknik tersendiri. Sebagai bahan referensi Lembaga Bimbingan Belajar yang sudah ternama diantaranya adalah Ganesha Operation (GO), Primagama, Sony Sugema Collection, Nurul Fikri, Gema UI, dan lain-lain.



2. Rajin mengikuti perkembangan terbaru terkait SBMPTN

Jangan malas untuk mengikuti perkembangan terbaru (update) yang berkaitan erat dengan proses SBMPTN. Bisa melalui surat kabar atau langsung mengunjungi website penyelenggara SBMPTN melaui internet.

3. Memetakan PTN dan prodi yang sesuai dengan bakat dan kemampuan

Cara ini dilakukan agar adik-adik tidak sampai “salah kamar” ketika sudah diterima di PTN. Pilihlah jurusan atau prodi yang sesuai bakat dan potensi yang ada. Jangan sekali-kali memaksakan diri untuk memilih prodi diluar kemampuan.

4. Rajin mengikuti simulasi-simulasi ujian (Try Out)

Biasanya ketika menjelang SBMPTN banyak media publik atau website yang menyediakan simulasi soal-soal latihan (Try Out) gratis. Manfaatkan kesempatan ini untuk banyak berlatih.

5. Mengetahui kekuatan pesaing

Ibarat panglima perang yang akan menuju ke medan laga lebih dulu dia harus tahu titik-titik kelemahan dan kekuatan dari musuh-musuhnya. Sehingga tidak mati konyol ketika turun memimpin pasukan tempur. Peserta yang smart tidak mudah meremehkan lawan dan tidak juga pesimis dengan kekuatannya.

6. Rajin mengerjakan soal-soal dalam buku kumpulan latihan dan membuat analisis seberapa persen soal-soal yang diprediksikan akan keluar dalam SBMPTN

Strategi ini serupa dengan nomor 4, bedanya yang ini menggunakan media buku kumpulan soal-soal latihan. Kaji dan analisislah seberapa besar soal-soal yang diprediksikan akan keluar dalam ujian nanti.



7. Berdo'a 

Setelah adik-adik sudah berupaya dengan segenap cara dan kemampuan maka serahkan kepada Allah, dengan berdo’a semoga diberikan hasil yang terbaik.

Berdo’a juga bisa dijalankan seiring adik-adik melalui tahap demi tahap proses seleksi.

Itulah artikel tentang Strategi Jitu Lulus SBMPTN 2017.

Semoga bermanfaat dan selemat mengikuti SBMPTN. Salam sukses..!!


Tidak ada komentar