Tips Ampuh Untuk Berhenti Merokok

Tips Ampuh Untuk Berhenti Merokok - Bang Moody Dymaz

Merokok adalah salah satu aktifitas yang acap menjadi biang keladi rusaknya kesehatan sesorang. Kendati pemerintah sendiri sudah sering mensosialisasikan dampak dan bahaya dari rokok, namun jumlah perokok kian meningkat dari waktu ke waktu.

source : dokita.co

Ironisnya, seiring pemerintah gencar melakukan sosialisasi tentang dampak kesehatan dari merokok pada kenyataannya sumber produksi rokok tidak pernah disentuh atau bahkan ditutup. Alasannya tak lain adalah masalah banyaknya tenaga kerja yang sangat bergantung pada keberadaan perusahaan rokok. Inilah yang masih menjadi pekerjaan rumah pemerintah sampai saat ini.

Bagi sobat yang sudah terlanjur menjadi perokok aktif dan berniat untuk berhenti, maka ada baiknya mencoba tips-tips berikut ini :

1. Bangun image bahwa anda benar-benar berhenti merokok

Kendati tidak mudah untuk benar-benar membangun image ini, namun niat sobat yang sungguh-sungguh untuk berhenti merokok bisa memungkinkan segala sesuatu yang tidak mungkin terjadi. Tantangan terberat dari tips pertama ini adalah godaan dari lingkungan sekitar sobat yang cenderung menganggap merokok sebagai aktifitas yang sudah lumrah bahkan merokok dalam kerumunan orang pun bukan hal yang aneh.

Ditambah ajakan rekan-rekan perokok aktif dengan alasan menghormati,  dan sebagainya. Biarkanlah mereka benar-benar tahu jika anda sudah mengambil keputusan untuk berhenti merokok secara total. Syukur-syukur, anda bisa meminta mereka untuk mengingatkan, jika sewaktu-waktu anda khilaf dan kembali pada kebiasaan lama.

2. Buat dan tetapkan target waktu

Jika sobat benar-benar memiliki komitmen tinggi untuk berhenti dari merokok, maka mulai sekarang buatlah terget yang harus dicapai dalam waktu tertentu. Target ini bisa bersifat relatif, dalam artian prosesnya dilakukan bisa dengan cara bertahap. Misalnya selama 2 -3 minggu anda hanya menghisap rokok dalam jumlah yang sedikit. Kemudian minggu berikutnya kurangi jumlah rokok yang dikonsumsi. Sampai akhirnya sobat benar-benar mampu menghentikannya.

3. Buat jadwal kegiatan yang padat dan ketat

Membuat jadwal kegiatan yang padat dan ketat disini maksudnya adalah sobat harus berusaha menyibukkan diri dengan berbagai aktifitas yang lebih bermanfaat. Sehingga hampir atau bahkan tidak ada sama sekali waktu luang yang sebelumnya biasa dipakai untuk menghisap rokok.


4. Jauhi segala perilaku yang membuat anda merokok

Konsisten menjauhi segala kegiatan yang berpotensi memicu sobat untuk kembali merokok. Seperti meminum kopi, alkohol, begadang, memakan makanan pedas, dan sebagainya. Mengapa?, karena dari aktifitas semacam itulah selera untuk merokok bisa kembali bangkit.

5. Tidur lebih banyak

Buatlah frekuensi tidur lebih banyak. Karena dengan sobat lebih sering tidur secara proporsional maka tubuh akan menjadi lebih segar dan melupakan rasa atau keinginan untuk merokok

6. Minum lebih banyak air

Cobalah untuk minum lebih banyak air. Air sangat membantu dalam menghilangkan racun (toksin) dari merokok yang telah terakumulasi dalam tubuh anda lebih cepat, sekaligus mengurangi keinginan anda untuk merokok.

7. Ganti kebiasaan merokok dengan aneka camilan
Biasakanlah mengkonsumsi makanan ringan atau camilan yang bisa menghilangkan kebiasaan anda untuk merokok, seperti permen atau makanan ringan lainnya.

Demikian artikel tentang Tips Ampuh Untuk Berhenti Merokok.

Semoga bermanfaat




Tidak ada komentar