Pengertian keyboard komputer dan fungsinya

Pengertian keyboard komputer dan fungsinya

Papan kunci atau lebih dikenal dengan sebutan Keyboard adalah salah satu perangkat yang mendukung kinerja komputer. Didalam keyboard terdapat beberapa tombol yang memiliki fungsi dan tugas tersendiri. Kombinasi keyboard sendiri terdiri atas tombol huruf dan angka. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas fungsi dari masing-masing tombol keyboard secara khusus.



1. Tombol Enter
Tombol Enter digunakan untuk mengeksekusi sebuah perintah (command). Dalam program pengolah kata (Ms. Word), tombol ini juga berfungsi untuk memulai alinea/paragraf baru.



2. Tombol Escape
Posisi tombol Escape atau biasa disingkat Esc berada diujung sebelah kiri atas. Fungsi tombol ini adalah membatalkan menu atau perintah. Sebelum anda menekan tombol Enter untuk mengeksekusi perintah anda bisa membatalkannya dengan menekan Esc terlebih dahulu.



3. Tombol Backspace
Tombol Backspace digunakan untuk menggerakkan kursor ke arah kiri sekaligus juga menghapus karakter disebelah kiri kursor. Biasanya posisi tombol backspace ada di atas tombol Enter.

jalantikus.com


4. Tombol Panah
Tombol panah biasanya digunakan untuk menggerakkan kursor serta obyek yang dipilih sesuai arah panah yang digerakkan. Pada tombol ini terdapat 4 (empat) tombol panah, yaitu panah atas, panah bawah, panah kiri, dan panah kanan.

id.upost.info


5. Tombol Penyunting
Sesuai dengan namanya tombol penyunting bertugas menyunting teks. Biasanya tombol ini terdiri atas tombol Insert, Delete, Home, End, Page, Up, dan Page Down.

revalkomp.blogspot.com


6. Tombol Fungsi
Posisi tombol ini terletak paling atas pada keyboard. Semua tombolnya dimulai dengan huruf “F”. Fungsi tombol ini bervariasi, tergantung dari program apa yang sedang dijalankan. Misalnya tombol F1 berfungsi untuk mendapatkan bantuan dari program komputer, F5 untuk me-refresh halaman, dsb.



Tidak ada komentar