6 Cara Cepat Menguasai Bahasa Inggris Tanpa Les / Kursus

6 Cara Cepat Menguasai Bahasa Inggris Tanpa Les / Kursus - Bang Moody Dymaz

Sebagai bahasa komunikasi internasional Bahasa Inggris memiliki posisi yang sangat penting. Hampir sebagian penduduk yang tinggal di beberapa belahan dunia menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi baik lisan maupun tulisan. Sehingga sangatlah wajar Bahasa Inggris mendapat predikat sebagai “Second Language” atau bahasa kedua setelah bahasa ibu (mother language). 



Banyak cara yang bisa dilakukan oleh seseorang agar bisa berbahasa Inggris yang baik dan benar. Diantaranya adalah menempuh pendidikan tinggi, mengikuti lembaga kursus, atau bahkan belajar secara otodidak.

Nah, kali ini admin Bang Moody Dymaz akan berbagi tips atau cara cepat menguasai Bahasa Inggris dengan cara yang ke-3 yaitu belajar secara otodidak, tanpa harus les / kursus.

Sedikit mengulas tentang fakta di lapangan. Tidak sedikit orang-orang yang mampu berbahasa Inggris dengan cara-cara yang unik. Seperti yang terjadi di beberapa daerah yang notabene sering dikunjungi oleh turis-turis mancanegara semacam obyek wisata Candi Borobudur, Marioboro, Pantai Kuta, dan sebagainya. Mereka bisa melakukan komunikasi menggunakan Bahasa Inggris secara aktif. Apa rahasaianya?, yuk kita simak tips-tips berikut ini :

1. Semangat Baja untuk Belajar
Modal yang pertama adalah semangat / tekad yang kuat untuk mau dengan sungguh-sungguh mempelajari Bahasa Inggris. Dengan semangat yang tinggi seseorang akan mengupayakan apapun untuk mencapai tujuannya, termasuk keinginan untuk bisa menguasai Bahasa Inggris. Semangat ini harus terus dipupuk sampai sobat benar-benar siap berinteraksi di lapangan.

2. Belajar memahami Tata Bahasa (Grammar) Melalui Buku Atau Mengunjungi Website Online
Berbicara dalam konteks Bahasa Inggris tentunya tidak lepas dengan penguasaan Tata Bahasa (Grammar). Grammar bisa diibaratkan jantungnya Bahasa Inggris. Mempelajari Grammar bisa dengan berbagai metode, misalnya dengan membaca buku-buku atau literatur yang berisi materi Grammar. Jika sobat kesulitan menemukan buku-buku tersebut bisa dengan cara mengunjungi website online yang menyediakan banyak informasi tentang Grammar.

3. Rajin Membawa Kamus
Setiap kali sobat berbicara atau menulis dalam Bahasa Inggris tentunya berhubungan pula dengan rangkaian kosa kata (vocabulary) yang tersusun menjadi kalimat. Untuk mengantisipasi beberapa kosa kata yang belum dikuasai maka bekalilah dengan kamus. Usahakan kamusnya praktis dan bisa dibawa kemana-mana (kamus buku, kamus online, atau offline. Sehingga sewaktu-waktu sobat menemukan kosa kata yang belum dipahami maka kamuslah sebagai bantuannya.

Seiring perkembangan zaman, banyak aplikasi-aplikasi di smartphone berbasis android yang menawarkan aplikasi-aplikasi Bahasa Inggris. Tentunya ini akan membantu sobat untuk semakin mendalami Bahasa Inggris dengan mudah.

4. Rajin Membaca Media-Media Berbahasa Inggris
Seiring banyaknya media-media cetak maupun elektronik yang menyuguhkan artikel-artikel berbahasa Inggris, maka sesungguhnya disanalah kesempatan sobat bisa menempa kemampuan berkomunikasi. Baca dan pahami dengan seksama maksud dari setiap artikel yang ditulis.

5. Belajar Menyukai Lagu-Lagu Berbahasa Inggris
Jikab sobat kebetulan menyukai lagu-lagu berbahasa Inggris maka sesungguhnya modal untuk mahir berbahasa Inggris sudah dimiliki. Sebaliknya, jika sobat tidak begitu menyukai, cobalah belajar untuk menyukainya. Karena biasanya tips yang ke-5 ini cenderung lebih mudah untuk direalisasikan. Kenapa?, belajar dengan diringi musik tentunya lebih menarik. Sobat bisa melakukannya sambil santai dan mendengarkan musik berbahasa Inggris.

6. Jangan Malu Berbicara Dengan Native Speaker (Pembicara Asli) 
Jika sobat kebetulan sedang berada di sebuah obyek wisata yang terdapat banyak turis-turis asing maka cobalah untuk melakukan pembicaraan ringan dengan mereka. Mulai dari menyapa, menanyakan nama, tempat tinggal, kesukaan, dsb. Suasana komunikasi yang hangat dan bersahabat akan semakin memunculkan chemistry sobat dengan mereka, sehingga kemampuan sobat juga akan semakin terasah.

Gimana sob?....

Mungkin sobat berpikiran “ternyata tidak mudah yah untuk mempelajari Bahasa Inggris, apakah saya bisa?.” ungkapan itu hanya berlaku bagi orang-orang yang pesimis dan menyerah sebelum bertarung. Dengan niat yang sungguh-sungguh saya yakin sobat-sobat akan bisa melewatinya….

Keep spirit..!!


Tidak ada komentar