10 Tips Jitu Sukses Bisnis Online

10 Tips Jitu Sukses Bisnis Online

Seiring perkembangan globalisasi yang semakin pesat, masyarakat semakin dimudahkan dalam melakukan akses kegiatan. Mulai dari kegiatan transaksi bisnis, jual beli barang dan jasa, berbagi informasi, survey, donasi online, dan lain sebagainya.



Hal ini tidak lepas dari dampak positif kemajuan teknologi yang sudah merambah sampai kesemua lapisan dan strata masyarakat. 

Salah satu lahan bisnis yang sangat potensial dewasa ini adalah bisnis online. Bisnis online adalah alternatif yang banyak diminati oleh hampir sebagian besar penduduk dunia. Disamping kemudahan dalam melakukan proses jual beli barang dan jasa, bisnis online dianggap tren dalam dunia bisnis kontemporer. 





Fakta yang berkembang membuktikan tidak sedikit para pelaku bisnis yang mampu meraup jutaan rupiah dari menekuni bisnis online. Bahkan subyeknya ada yang memulai dari 0 alias belum punya pengalaman bisnis sama sekali. Namun dengan keuletan dan kerja keras mereka mampu mensejajarkan diri dengan pendahulu-pendahulu yang sudah sukses.

Permasalahannya, tidak semua orang mengetahui langkah-langkah kongkret dalam memulai bisnis online. Beberapa dari mereka masih kebingungan bagaimana cara memulai bisnis online yang sebenarnya?, nah, pada kesempatan kali ini admin Bang Moody Dymaz mencoba berbagi tips seputar bisnis online yang berpotensi memberikan pendapatan yang cukup menggiurkan jika benar-benar dilakukan dengan keyakinan dan kesabaran

1. Niat dan Berdo’a
Salah satu jurus yang paling ampuh sebelum memulai bisnis adalah dengan berdo’a. Berdo’alah agar bisnis anda benar-benar sukses dan anda diberi kekuatan untuk mampu menjalankannya.

2. Mulai dengan menyiapkan produk 
Memulai sebuah bisnis online tentunya harus menyiapkan sematang mungkin produk seperti apa yang akan anda lempar ke pasaran. Produk ini hendaknya produk yang benar-benar memiliki “magnet” yang kuat hingga konsumen benar-benar tertarik untuk membelinya. Analisislah kebutuhan pasar yang sedang dicari. Dengan menentukan produk yang jelas maka proses marketing  pun akan lebih mudah untuk dijalankan. 

3. Memetakan market object 
Setelah anda sudah menyiapkan produk bisnis, tentukan objek atau sasaran yang tepat sesuai dengan karakter produk yang anda tawarkan. Misalnya, anda berencana menjual alat-alat dapur, maka object market yang tepat adalah ibu-ibu.

4. Buat konsep bisnis yang ingin dijalankan

Buatlah konsep yang sesuai dengan produk dan object market anda. Konsep ini harus benar-benar matang, dari mulai perencanaan, survey, analisis produk, proses pemasaran/distribusi, market object, standarisasi harga, dan sebagainya. Jika anda masih ragu untuk menentukan konsep bisnis yang ingin anda jalankan, maka anda bisa berkonsultasi dengan konsultan/pakar bisnis yang ahli dalam bidangnya.

5. Smart dalam memilih webhosting
Anda dituntut untuk benar-benar smart (cerdas) dalam memilih webhosting yang bisa diandalkan untuk memuluskan bisnis yang akan dijalankan. Karena tidak bisa dipungkiri, webhosting yang berkualitas dan memiliki rating yang bagus akan memberikan dampak signifikan bagi perkembangan bisnis anda. Dan pada akhirnya reputasi bisnis anda pun akan mudah untuk dibangun.

6. Membangun Toko Online (Online Shop) 

Jika anda benar-benar ingin menjalankan bisnis online secara mandiri dan terukur maka membangun toko online adalah alternatifnya. Buatlah toko online dan bangun reputasi yang baik dimata calon customer anda.

7. Memanfaatkan Smartphone

Sebagian besar penduduk di belahan dunia sudah semakin familiar dengan smartphone. Disamping sebagai media komunikasi, smartphone memiliki fungsi yang tidak kalah pentingnya, yakni sebagai piranti untuk mengakses informasi. Disinilah kemudian pelaku bisnis memanfaatkannya untuk memasarkan produk-produk mereka secara online.




8. Penggunaan Social media

Pernahkah anda menghitung berapa juta penduduk dunia yang memanfaatkan media sosial sebagai ajang untuk berinteraksi?, jika anda mempromosikan produk melalui media sosial maka peluang untuk mendapatkan customer akan terbuka lebar. Perumpamaannya adalah, jika anda ingin lebih banyak menemukan calon pembeli dari barang jualan anda maka cobalah untuk menjualnya di pasar. 

9. Menganalisis Kompetitor

Apa maksudnya?, dalam dunia bisnis tentunya anda tidak sendirian. Diluar sana banyak pelaku bisnis yang juga berlomba-lomba membangun kerajaannya. Analisislah kelebihan dan kelemahannya. Anda bisa belajar dari kelebihannya dan memanfaatkan sisi kelemahannya. 

10. Berdo'a 
Setelah apa yang sudah anda upayakan semaksimal mungkin untuk menjalankan bisnis online dengan baik, maka akhiri dengan do'a. Dengan harapan semoga bisnis yang sedang anda jalankan bisa sukses dan berkah.

Bagaimana?, anda tertarik untuk memulai bisnis online?, Jika ya, mulailah menyiapkan segala sesuatunya mulai dari sekarang.

Demikian artikel 10 Tips Jitu Sukses Bisnis Online. Semoga bermanfaat.
Salam sukses…!!



Tidak ada komentar