Tips Sebelum Membeli Mobil Baru / Bekas

Tips Pintar Sebelum Membeli Mobil Baru / Bekas - Bang Moody Dymaz

Bagi hampir kebanyakan orang kendaraan roda empat semacam mobil bukan lagi menjadi barang yang langka untuk dijumpai. Seiring era globalisasi yang terus berkembang pesat, tuntutan pekerjaan, dan bertambahnya jumlah penduduk, masyarakat semakin “tergoda” untuk memiliki kendaraan mobil. Hal ini sangat dimaklumi karena dengan ketersediaan sarana mobil yang memadai sangat mendukung kelancaran proses kegiatan manusia dalam segala hal, khususnya mempermudah cakupan pekerjaan.

rentalotomanado.blogspot.com


Bagi sobat yang berencana untuk membeli mobil sebagai pelengkap kebutuhan keluarga atau untuk kebutuhan kantor, maka ada baiknya sobat harus cermat dan cerdas dalam menganalisa terlebih dahulu apakah kebutuhan untuk membeli mobil sudah masuk skala prioritas atau belum?, jika iya, mobil jenis apa yang sesuai dengan budget anda?, dan sebagainya.

Berikut tips-tips yang bisa dijadikan pertimbangan untuk sobat yang masih kebingungan terkait dengan kebutuhan membeli mobil.

1. Tentukan Skala Prioritas Kebutuhan

Setiap manusia pasti punya banyak kebutuhan dalam hidupnya. Ini adalah sebuah keniscayaan. Kebutuhan tersebut jika tidak dibuat skala prioritas maka cenderung akan serampangan dan tidak ter-menej dengan baik. Sama halnya ketika sobat berniat ingin membeli mobil, seperti yang saya jelaskan diatas, pikirkan sejenak, apakah kebutuhan mobil memang dianggap primer dan mendedesak?, jika memang dianggap primer maka sobat bisa segera melangkah ke tips selanjutnya.

maeska.blogspot.com


2. Pilih mobil Sesuai dengan anggaran yang tersedia

Jangan terlalu memaksakan diri untuk membeli mobil yang mewah tanpa mempertimbangkan kondisi keuangan. Pilihlah mobil dengan merk yang tidak terlalu bawah, namun dengan harga yang relatif terjangkau. Sehingga sobat tidak sampai mengorbankan kebutuhan-kebbutuhan yang lain gara-gara membeli mobil.

3. Sesuaikan kapasitas mobil dengan jumlah anggota keluarga

Disamping merk dan harga yang proporsional sobat juga musti mempertimbangkan kapasitas / daya tampung mobil yang ingin sobat beli. Sesuaikan dengan jumlah anggota keluarga sobat. Jika jumlah keluarga masih minim maka ada baiknya membeli mobil tipe sedan.

4. Jangan gengsi dengan mobil bekas / kredit

Buang jauh-jauh rasa gengsi membeli mobil kredit atau bekas. Pada prinsipnya yang penting sobat bisa memiliki kendaraan dan mampu untuk mengangsurnya maka tidak ada sesuatu yang harus dipersoalkan. Pun denngan mobil bekas, sepanjang masih berfungsi dengan baik maka abaikan ppikiran-pikiran gengsi.

kaskus.co.id

5. Jangan mudah tergoda dengan mobil-mobil keluaran terbaru

Inilah bagian yang terkadang agak sulit dijalankan. Kesetiaan kepada kendaraan semacam mobil terkadang harus pupus ketika melihat mobil-mobil keluaran terbaru apalagi yang limitted edition. Tapi bukan berarti sobat dilarang mengganti mobil lama dengan yang baru, namun lagi-lagi pertimbangkan yang matang, apakah sudah wajar mengganti atau belum.

6. Pilih mobil yang masih mulus dan terawat

Pilihlah mobil dalam kondisi yang mulus dan terawat. Walaupun statusnya barang bekas, biasanya pemilik yang rajin suka merawat mobilnya sehingga masih terawat dan nyaman untuk dikendarai.

Baca juga Cara Membuat SIM Secara Online

7. Pilih mobil dengan surat-surat lengkap dan resmi

Jangan sekali-kali membeli mobil yang statusnya yatim atau piatu atau bahkan yatim piatu. Artinya mobil yang tidak memiliki surat-surat yang lengkap. Karena pada akhirnya sobat sendiri yang akan dibuat repot dengan peraturan dan tata tertib pengguna kendaraan bermotor yang mengharuskan pengendara wajib memiliki surat-surat lengkap kendaraannya, atau anda akan bermasalah dikemudian hari.

8. Beli mobil dari tangan pertama yang dekat dengan daerah domisili

Jika sobat membeli mobil second usahakan membeli mobil dari tangan pertama dan data-data administratifnya masih masuk cakupan dalam satu kabupaten. Hal ini untuk menjamin kecepatan ketika anda memperpanjang surat-surat tanpa harus keluar kabupaten.

9. Bawalah mekanik berpengalaman untuk mengecek kondisi mesin

Jika sobat belum begitu memahami seluk beluk mesin mobil, ada baiknya meminta bantuan mekanik yang sudah berpengalaman untuk mengecek kondisi mesin, apakah masih layak dan siap dikendarai atau ada Pekerjaan Rumah yang harus dikerjakan. Tentunya kondisi mobil sangat berpengaruh bagi proses negoisasi harga.

10. Bertransaksilah secara langsung antara penjual dan calon pembeli. Hindari bertransaksi via telepon atau diminta langsung transfer melalui Bank.

Hindari melakukan transaksi melalui telepon apalagi diminta transfer langsung ke ATM sebelum anda bertemu langsung dengan penjual mobil. Karena bukan tidak mungkin sindikat penipuan akan memanfaatkan situasi ini.

11. Pastikan anda sudah memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) resmi

Salah satu tips yang paling utama sebelum anda berkendara adalah memiliki SIM. Jika anda belum memiliki SIM maka segeralah membuatnya sesuai prosedur yang berlaku

Baca juga Informasi Biaya Pembuatan SIM Online

Demikian Artikel tentang Tips Pintar Sebelum Membeli Mobil Baru / Bekas

Tidak ada komentar